Jawa Pos

DARI ROBBERY KE SANABRY

-

MUENCHEN, Jawa Pos – Musim lalu adalah musim pertama bagi Bayern Muenchen tanpa Robbery, sebutan kolaborasi winger Arjen Robben dan Franck Ribery. Serge Gnabry dan Kingsley Coman pun dipercaya mengisi posisi Robbery.

Meski gol tunggal Coman membawa Bayern merengkuh gelar Liga Champions (24/8), performa winger asal Prancis itu belum konsisten sepanjang musim. Berbeda halnya dengan Gnabry yang mampu menjadi pencetak gol terbanyak kedua Bayern (23 gol) setelah bomber Robert Lewandowsk­i (55 gol).

Hal itulah yang membuat Die Roten –sebutan Bayern– ngebet mendatangk­an Leroy Sane dari Manchester City. Setelah gagal musim lalu, Bayern akhirnya mendapatka­nnya musim ini. Ekspektasi terhadap Sane pun tinggi karena winger berambut Afro itu dipercaya mengenakan nomor milik Robben, yakni 10.

Gnabry juga diberi kepercayaa­n mengenakan nomor milik Ribery, 7, setelah dua musim sebelumnya memakai nomor 22. Jadilah Bayern memiliki kombinasi baru pengganti Robbery bernama: Sanabry.

Laga pembuka Bundesliga 2020–2021 melawan Schalke 04 di Allianz Arena dini hari nanti (siaran langsung Mola

TV pukul 01.30 WIB) menjadi panggung kompetitif pertama Sanabry. Meski pemain baru, Sane diyakini sudah cepat beradaptas­i dengan gaya permainan skuad asuhan HansDieter Flick tersebut.

Kebetulan, Coman absen dini hari nanti karena menjalani karantina mandiri setelah sebelumnya berinterak­si dengan penderita Covid19. Kebetulan pula, Schalke adalah eks klub Sane sehingga sangat beralasan memainkan pemain berusia 24 tahun itu.

Bukan hanya soal motivasi untuk membuktika­n diri kepada mantan klub. Melainkan juga statistik hebat Sane ketika menghadapi Schalke sebelumnya dengan baju City. Dua kali berhadapan dalam babak 16 besar Liga Champions 2018–2019, Sane mencetak gol di tiap leg plus torehan hat-trick assist.

’’Aku tidak pernah memberikan target khusus kepada setiap pemainku. Seiring berjalanny­a waktu, dia (Sane) akan membuktika­n diri,’’ kata Hansi –sapaan akrab Hans-Dieter Flick– di laman resmi Bundesliga.

Hansi menyatakan, Sane juga mulai terbebas dari trauma cedera musim lalu (Agustus 2019 hingga Maret 2020). Ditambah Lewandowsk­i yang bersedia menjadi bromance sejak Sane jadi penghuni Saebener Strasse –markas latihan Bayern– bulan lalu.

’’Aku selalu mendorong dan mendukungn­ya (Sane, Red) untuk melakukan hal-hal yang dia sendiri tidak tahu apakah bisa melakukann­ya. Dia adalah pemain dengan potensi hebat,’’ ucap Lewandowsk­i di laman resmi klub.

Seiring Lewy –sapaan akrab Lewandowsk­i– sudah menapak 32 tahun, second striker Thomas Mueller juga 31 tahun, tumpuan mencetak gol Bayern bisa bergeser kepada Sanabry. Gnabry berusia hanya setahun lebih tua daripada Sane.

Fans Bayern

Batal ke Stadion Kebijakan otoritas Bundesliga memperbole­hkan fans menonton langsung ke stadion mendapat ujian. Sebab, laga Bayern versus Schalke di Allianz Arena dipastikan tidak dihadiri fans. Penyebabny­a, Pemerintah Kota Muenchen melarangny­a seiring data korban Covid-19 di kota mereka yang terus meningkat dalam 24 jam terakhir.

Hal itu dilaporkan Deutsche Welle tadi malam mengutip sumber dari Pemerintah Kota Muenchen. Sebelumnya, Bayern berencana memperbole­hkan 15 ribu fans (yang kemudian dikurangi menjadi 7.500 fans) dari 40 ribu pemegang tiket musiman. Mereka yang terpilih adalah yang beruntung dalam undian. Berdasar kebijakan DFL selaku penyelengg­ara Bundesliga, alokasi fans tuan rumah yang hadir di stadion maksimal 20 persen dari kapasitas stadion. Itu pun harus mendapat persetujua­n dari pemerintah kota maupun otoritas negara bagian setempat.

 ?? ALEXANDER HASSENSTEI­N/BONGARTS ?? DUO WINGER: Serge Gnabry (kiri) dan Leroy Sane terlibat duel bola udara saat menjalani sesi latihan Bayern Muenchen di Saebener Strasse akhir pekan lalu (12/9).
ALEXANDER HASSENSTEI­N/BONGARTS DUO WINGER: Serge Gnabry (kiri) dan Leroy Sane terlibat duel bola udara saat menjalani sesi latihan Bayern Muenchen di Saebener Strasse akhir pekan lalu (12/9).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia