Jawa Pos

Fokuskan Rian dan Alwi sebagai Bek Kiri

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sejak awal musim 2020, posisi bek kiri menjadi problem tersendiri bagi Persebaya Surabaya. Saat ini, di pos tersebut, Persebaya memang hanya punya M. Nasir. Namun, dalam dua laga yang sudah dilakoni Persebaya, Nasir belum pernah diturunkan.

Bek kiri menjadi konsentras­i bagi pelatih Aji Santoso padalanjut­anLiga1202­0nanti. Apabila bursa transfer benar akan dimajukan dari jadwal semula, tak menutup kemungkina­n bagi Aji untuk berburupem­ainberposi­sibekkiri.Namun, untuk saat ini, Aji sudah mempunyai antisipasi lain. Untuk menutup posisi tersebut, ada dua nama yang disiapkan.

’’Makanya, saya ingin paling tidak ada dua pemain bek kiri. Saya sudah mencoba Rian (Rachmat Irianto, Red) untuk main di bek kiri. Karena saya takut kalau hanya satu bek kiri terlalu riskan,’’ ucap Aji.

Sebelumnya, Rian lebih sering bermain di posisi bek tengah. Namun, dia juga pernah diplot sebagai gelandang bertahan. Sebenarnya, dalam laga perdana kontra Persik Kediri (29/2), Rian pernah main sebagai bek kiri.

Secara permainan, Rian memang tidak buruk. Hanya, sebagai bek kiri, dia masih kurang oke saat melakukan overlap. Untuk itu, jelang kembali bergulirny­a Liga 1, Aji memantapka­n Rian untuk bisa maksimal sebagai bek kiri. ’’Dalam sepak bola modern, semua pemain, kecuali bek tengah, kalau pemain di samping atau bahkan gelandang bertahan memang harus bisa ikut menyerang dan bertahan,’’ tutur pelatih asli Malang tersebut. Selain Rian, Aji menyiapkan Alwi Slamat untuk menjadi bek kiri. Sama dengan Rian, berposisi asli sebagai gelandang. Alwi pun sempat merasakan dipasang sebagai bek kiri saat kontra Persipura Jayapura (13/3). ’’Alwi kalau siap juga akan saya fokuskan untuk jadi bek kiri. Karena posisi gelandang stoknya sangat banyak. Kalau di gelandang kami tidak khawatir,’’ jelas Aji.

 ?? ANGGER BONDAN /JAWA POS ?? BISA DIANDALKAN: Rachmat Irianto dipercaya Aji Santoso untuk mengisi posisi bek kiri Persebaya.
ANGGER BONDAN /JAWA POS BISA DIANDALKAN: Rachmat Irianto dipercaya Aji Santoso untuk mengisi posisi bek kiri Persebaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia