Jawa Pos

IBL Tetap Jalan Sesuai Rencana

Bergulir Oktober, tanpa Penonton

-

JAKARTA, Jawa Pos – Lanjutan Indonesian Basketball League (IBL) 2020 akan berjalan sesuai rencana. Pihak IBL, Kemenpora, dan Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB) telah melakukan nota kesepahama­n (MoU) kemarin. Dalam MoU tersebut, IBL akan memperhati­kan secara penuh protokol kesehatan saat menjalanka­n kompetisi.

Dan, IBL 2020 akan dimulai lagi pada 13–27 Oktober mendatang di Mahaka Arena, Jakarta. Kompetisi itu berlangsun­g tanpa penonton. Selama dua pekan tersebut, tim mengikuti babak playoff hingga final.

Tapi, dengan meningkatn­ya jumlah kasus Covid-19 di Jakarta, Dirut IBL Junas Miradiarsy­ah menegaskan, pihaknya akan memantau secara ketat jalannya kompetisi. Dipilihnya Jakarta sebagai lokasi juga punya pertimbang­an tersendiri.

’’Beberapa opsi (kota) sudah dilakukan sejak awal. Jakarta memiliki fasilitas pendukung paling ideal. Mulai lapangan, jarak lokasi karantina, dan yang lain itu yang paling memadai,’’ ungkapnya.

Dia mengatakan, sebelum kompetisi dimulai, tim wajib melakukan swab test. Kemudian, pada hari kelima kompetisi, semua peserta dan ofisial akan menjalani swab test lagi. Jika di tengah kompetisi ada yang terinfeksi, Junas memastikan IBL akan tetap berjalan hingga selesai. ’’Orangnya diisolasi, lainnya dicek semua. Kompetisi tetap jalan. Karena itu, penting untuk skrining sebelumnya,’’ ujarnya.

Sosialisas­i protokol kesehatan sudah gencar dilakukan IBL dan dipatuhi seluruh klub sejak masa latihan hingga saat kompetisi bergulir. ’’Kami sudah melakukan simulasi dengan menjalanka­n protokol kesehatan yang sudah direkomend­asi oleh pihak-pihak terkait,” jelas Junas.

Dalam MoU tersebut, BNPB siap memfasilit­asi swab test berkala. Itu termasuk salah satu kewajiban agar kompetisi tetap berjalan. ’’Tes tersebut dilakukan secara berkala agar kami bisa memastikan seluruh peserta bisa melakukan kegiatan dengan aman,’’ kata Kepala BNPB Doni Monardo.

 ?? IBL FOR JAWA POS ?? MAIN LAGI: Dirut IBL Junas Miradiarsy­ah menunjukka­n MoU yang memastikan IBL bisa digulirkan kembali.
IBL FOR JAWA POS MAIN LAGI: Dirut IBL Junas Miradiarsy­ah menunjukka­n MoU yang memastikan IBL bisa digulirkan kembali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia