Jawa Pos

Nadal Incar Hat-trick Gelar Kedua

-

ROMA, Jawa Pos - Raja turnamen tanah liat Rafael Nadal menandai comeback dengan manis. Dia menorehkan kemenangan pada babak kedua Roma Masters 2020. Unggulan kedua tersebut sukses mengatasi rekan senegarany­a Pablo Carreno Busta 6-1, 6-1 di arena Foro Italico, Roma, Italia, kemarin (17/9). Itu merupakan kemenangan pertamanya dalam 200 hari terakhir. Atau, sejak menjuarai turnamen di Acapulco, Meksiko, Februari lalu.

”Senang rasanya bisa kembali ke tur, aku merindukan keriuhan penonton,” kata Nadal dilansir ATP Tour. Petenis kidal tersebut jelas lebih fresh karena tidak tampil di AS Terbuka sebelumnya. Sementara itu, Busta harus berjuang keras hingga menembus semifinal. Di semifinal, langkahnya terhenti di tangan petenis Jerman Alexander Zverev.

”Mungkin dia (Busta, Red) sedikit lelah setelah menjalani semua pertanding­an di New York,” papar Nadal yang mengakhiri masa istirahat selama 200 hari selama pandemi Covid-19. Nadal punya rekor istimewa (62-6) di Roma Masters. Dia mengoleksi sembilan gelar, terbanyak di ajang yang berlangsun­g di lapangan tanah liat itu. Tahun ini dia mengincar hat-trick gelar keduanya setelah edisi 2005, 2006, 2007. Pada dua penyelengg­araan terakhir, 2018 dan 2019, Nadal tampil sebagai kampiun.

Nah, setelah menaklukka­n Busta, Nadal akan menghadapi pemenang duel antara Milos Raonic atau Dusan Lajovic pada babak ketiga. Hingga berita ini ditulis, pertanding­an keduanya belum berlangsun­g.

Di sektor tunggal putri, unggulan kedua Karolina Pliskova berhasil menghentik­an kompatriot­nya, Barbora Strycova, 6-3, 6-3. Kemenangan tersebut mengantark­an Pliskova menuju babak ketiga menghadapi petenis Rusia yang berjuang dari fase kualifikas­i, Anna Blinkova. ”Ini pasti menantang buatku. Dia memainkan permainan yang mirip denganku,” terang Pliskova dilansir WTA Tennis.

Pliskova berupaya menemukan performa terbaiknya pasca mengalami kesulitan bersaing pada dua turnamen terakhir di New York. Apalagi, petenis 28 tahun itu berstatus juara bertahan edisi 2019. ”Aku senang tampil di sini. Menurutku, kondisinya akan menguntung­kanku,” paparnya. ”Saat ini kondisinya sangat panas, tetapi aku pikir ini bagus buatku,” katanya.

 ?? RICCARDO ANTIMIANI/AFP PHOTO ?? RAJA TANAH LIAT: Rafael Nadal melepaskan backhand ketika menghadapi Pablo Carreno Busta kemarin.
RICCARDO ANTIMIANI/AFP PHOTO RAJA TANAH LIAT: Rafael Nadal melepaskan backhand ketika menghadapi Pablo Carreno Busta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia