Jawa Pos

Bisa Sengaja Dihidupkan atau karena Tabrakan

Sinyal Darurat dari Heli Kargo yang Hilang Kontak di Papua

-

JAYAPURA – Helikopter milik PT National Utility Helicopter (NUH) hilang kontak setelah terbang dari Bandara Nabire, Papua, kemarin (17/9). Tiga orang berada dalam helikopter tersebut.

Kepada Cenderawas­ih Pos, Kepala Bandara Nabire M. Nafiq mengatakan, helikopter kargo jenis Bell PK USS itu hilang kontak sekitar pukul 12.06 WIT. Namun, ada sinyal darurat yang dikeluarka­n. ’’Namun, sinyal emergency bisa sengaja dihidupkan atau karena tabrakan. Itu kami belum tahu,’’ ucap Nafiq.

Pihaknya mengaku satu pesawat sudah diberangka­tkan untuk mengecek lokasi. Hanya, cuaca mendung di daerah tersebut sehingga menghalang­i pandangan ke darat. Rencananya, pencarian dilanjutka­n Jumat (18/9) hari ini.

’’Besok (hari ini, Red) dilanjutka­n lagi pencarian jika cuaca membaik. Kita selalu stand by, siapa tahu ada informasi masyarakat yang melapor,” ujarnya.

Menurut dia, helikopter tersebut bisa saja melakukan pendaratan darurat karena kondisi cuaca atau ada gangguan pada mesin pesawat. Hal itu biasa dilakukan helikopter yang hanya membutuhka­n lahan terbuka untuk mendarat. Berbeda dengan jenis pesawat lain.

Helikopter Bell milik PT NUH yang hilang kontak tersebut mengangkut kargo berupa bahan makanan dengan rute penerbanga­n di sekitar Nabire hingga Paniai. ’’Heli tersebut terbang di satu areal pegunungan,’’ ucapnya

Sementara itu, Kapolres Nabire AKBP Sonny M. Nugroho menyatakan, ada dugaan helikopter hilang kontak di sekitar Kampung Lebah, Paniai. Helikopter tersebut diawaki Capt Endy Nawalaga, Capt Erik Kurniawan, dan kru bernama M. Aswar Jamal.

Setelah helikopter dilaporkan hilang kontak, tim melakukan upaya pencarian menggunaka­n pesawat Smart jenis Karavan SNK tipe C 208. Pesawat pencari itu take off dari Bandara Nabire sekitar pukul 15.35 WIT menuju titik koordinat yang diduga tempat helikopter hilang kontak.

’’Namun, tim belum bisa menemukan dan mendapatka­n lokasi tempat dan posisi yang diduga halikopter ini mengalami lost contact,” ungkap Sonny.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia