Jawa Pos

Sisir Tempat Rawan Pelanggar Protokol

Polisi Luncurkan Tim Pemburu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan akan mendapat sanksi tegas. Tidak hanya diberi hukuman fisik oleh tim pemburu pelanggar protokol kesehatan, mereka juga bakal dikenai denda sesuai dengan peraturan.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, sikap tegas tersebut adalah upaya tiga pilar untuk menekan persebaran Covid-19. Denda diharapkan bisa memberikan efek jera kepada pelanggar. ”Dendanya masuk ke kas daerah,” katanya kemarin (17/9)

J

Trunoyudo menyatakan, tim pemburu pelanggar protokol kesehatan akan gencar melakukan razia setiap hari. Mereka mengincar kerumunan dan warga yang tidak memakai masker. ”Langsung ditindak kalau ada temuan di lapangan,” ujarnya.

Menurut dia, razia pada Rabu malam (16/9) adalah contohnya. Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan langsung menjaring ratusan orang setelah diluncurka­n dari Polrestabe­s Surabaya. Para pelanggar diangkut dan dibawa ke Taman Bungkul untuk menjalani sidang.

Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Johnny Eddizon Isir mengungkap­kan, tim pemburu pelanggar protokol kesehatan melakukan razia setiap saat. ”Beberapa pola sudah disiapkan,” tutur peraih

Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akpol 1996 tersebut.

Isir menjelaska­n, pola pertama adalah melakukan razia di jalan. Tim bakal bersiaga di pintu masuk dan pusat kota. Mereka menyasar pengendara. ”Sejak beberapa hari lalu diterapkan,” ungkapnya.

Nah, upaya lain yang diambil adalah jemput bola. Tim akan bergerak mobile Melakukan penyisiran ke tempat rawan. Misalnya, pusat perbelanja­an dan pasar. ”Di sepanjang jalan, kalau ada yang melanggar, akan ditindak tanpa pandang bulu,” tegasnya.

Sebagaiman­a diberitaka­n, tim pemburu pelanggar protokol kesehatan itu sengaja dibentuk untuk menekan persebaran Covid-19. Forkopimda Jatim meluncurka­nnya di Polrestabe­s Surabaya pada Rabu malam lalu. Timpemburu­terdiriata­s178orang yang berasal dari personel Polri, TNI,dansatpolP­P.(edi/c14/ady)

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? ANTISIPASI: Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan bersiap sebelum melakukan razia di berbagai wilayah Rabu malam (16/9).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS ANTISIPASI: Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan bersiap sebelum melakukan razia di berbagai wilayah Rabu malam (16/9).
 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TERJARING: Polisi dan aparat gabungan membawa para pelanggar protokol kesehatan ke Taman Bungkul Rabu malam (16/9).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TERJARING: Polisi dan aparat gabungan membawa para pelanggar protokol kesehatan ke Taman Bungkul Rabu malam (16/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia