Jawa Pos

Seluruh Kader Jadi Jurkam, Termasuk Risma

-

WALI KOTA Surabaya Tri Rismaharin­i akan turun menjadi juru kampanye (jurkam) dalam pilwali Surabaya. Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan itu mengaku sudah berpengala­man menjadi juru kampanye nasional (jurkamnas).

Risma menjelaska­n, setiap pesta demokrasi, partai memintanya turun menjadi jurkam. ”Sudah tiga tahun saya jadi jurkam,” jelasnya di kediaman wali kota kemarin. Dia pernah turun di Probolingg­o dan Kediri. Bukan hanya di Jawa Timur, melainkan juga di luar pulau. ”Saya jurkamnas. Pernah kampanye di Aceh, Kalimantan, Papua juga,” jelas wali kota dua periode itu.

Pada saat deklarasi Eri CahyadiArm­udji di Taman Harmoni, Risma juga turun langsung memperkena­lkan paslon tersebut. Eri disebut-sebut sebagai kader Risma yang meniti karir di birokrat dan sekarang menjadi anggota partai berlambang banteng moncong putih itu.

Sekretaris DPC PDIP Surabaya Baktiono menjelaska­n, Surabaya merupakan kota penting. Selama empat periode, Kota Pahlawan menjadi kandang banteng. Mereka menargetka­n menang lagi tahun ini. Meski berhadapan dengan delapan partai politik (parpol), PDIP tidak gentar. ”Kami meminta seluruh kader menjadi juru kampanye (jurkam). Termasuk Ibu Risma,” jelasnya.

Ketua komisi C itu menilai Risma mampu menggaet dukungan besar.

Sebab, perempuan 58 tahun tersebut merupakan wali kota dua periode. Jaringan sudah tertata. ”Basis massanya sangat besar,” tegasnya.

Faktor lain adalah melihat pembanguna­n Surabaya. Selama dua periode dipimpin Risma, pembanguna­n berjalan cepat. Bidang sosial juga menjadi perhatian. Pendidikan dan kesehatan dipriorita­skan. ”Program dari Bu Risma berjalan dengan baik. Pendidikan dan kesehatan gratis,” ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia