Jawa Pos

Gubernur Apresiasi Keseriusan Gresik

Beri Bantuan Ventilator untuk RS Rujukan

-

GRESIK, Jawa Pos – Selama masa pandemi Covid-19, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kerap turun ke Gresik. Kemarin (17/9) mantan menteri sosial itu juga kembali ke Kota Pudak. Kali ini gubernur menyerahka­n bantuan ventilator untuk rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

Khofifah menyatakan, bantuan ventilator tersebut diberikan sebagai upaya percepatan proses kesembuhan pasien Covid-19. Saat ini Gresik merupakan kabupaten berzona oranye dengan angka kesembuhan relatif tinggi. Yakni, sekitar 80 persen.

Dia juga mengapresi­asi kinerja Kabupaten Gresik yang termasuk sangat serius dalam mengampany­ekan protokol kesehatan. Bahkan, Khofiah mengakui, Gresik terbilang paling top se-Jatim. ’’Gresik ini paling cepat dan disiplin melaporkan data Covid-19 ke provinsi,” ucapnya di kantor pemkab.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisi­pasi dalam menangani Covid-19. Yakni, dengan mematuhi protokol kesehatan. ’’Sudah banyak dokter yang meninggal. Kemarin kami juga baru meluncurka­n tim pemburu pelanggar protokol kesehatan. Gresik juga demikian, jadi mari sama-sama tertib dan disiplin,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Sambari Halim Radianto menyampaik­an, saat ini dari seluruh rumah sakit rujukan di Gresik, masih ada 49 pasien Covid-19 yang dirawat. Tapi, ada 190 pasien lain yang tidak mau dirawat di rumah sakit maupun Pondok

Rehabilita­si Gejos. Akhirnya, mereka memilih untuk menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat.

’’Jangan sampai kita jadi seperti Jakarta. Jangan sampai PSBB (pembatasan sosial berskala besar) lagi. Untuk itu, forkopimda akan terus rutin melaksanak­an operasi yustisi. Langsung dilakukan penindakan di tempat,” ungkapnya.

Di wilayah Surabaya Raya yang meliputi Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, paparan Covid-19 di Gresik memang mencatatka­n angka paling rendah. Data sampai Rabu (16/9), total jumlah kasus positif di Surabaya mencapai 13.288, Sidoarjo 5.765, dan Gresik 2.989. Sementara itu, jumlah kematian pasien Covid-19 Surabaya mencatatka­n jumlah tertinggi sebanyak 1.003 orang, Sidoarjo 400 orang, dan Gresik 187 orang.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? INOVASI: Jajaran PMI Gresik ikut menyosiali­sasikan penerapan protokol kesehatan dengan membagikan masker.
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS INOVASI: Jajaran PMI Gresik ikut menyosiali­sasikan penerapan protokol kesehatan dengan membagikan masker.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia