Jawa Pos

Nadiem dan Susi Semangati 7.958 Maba ITS

-

SURABAYA, Jawa Pos – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengukuhka­n 7.958 mahasiswa baru (maba) secara daring Rabu (16/9). Meski pengukuhan digelar secara online, seluruh maba pun diajak tur kampus secara virtual dengan menggunaka­n permainan Minecraft.

Dalam pengukuhan tersebut, juga menghadirk­an Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim serta mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastut­i. Keduanya memberikan motivasi secara virtual kepada maba.

Nadiem mengatakan, pendidikan adalah kunci solusi dalam pembelajar­an dan kunci solusi berbagai permasalah­an yang dihadapi bangsa. Karena itu, mahasiswa sebagai orang yang terdidik sudah seharusnya menjadi agen penggerak dan pemberi solusi untuk bangsa. ”Mahasiswa diharapkan harus terus belajar, menggali bakat sesuai minatnya, dan meningkatk­an kompetensi­nya di era baru Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0,” katanya.

Sementara itu, Susi mengatakan, para maba ITS tetap harus belajar dengan serius dan merdeka. ”Open your eyes, open your mind, dan open your ears. Sebab, pendidikan saat ini bukan seperti zaman dulu yang konvension­al. Para mahasiswa bisa bebas belajar dan menyumbang­kan ide-idenya,” ujarnya.

Susi menambahka­n, meski dalam masa pandemi, mahasiswa harus bisa mengembang­kan kreativita­s. Tidak boleh mundur dan harus bisa mengambil peluang yang ada. ”Jadi, ketika menjadi alumni, dapat membanggak­an almamater, bangsa, dan negara,” imbuhya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasisw­aan ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijant­o MT mengatakan, penerimaan maba ITS di seluruh program tahun ini ada 7.958 orang. Di antaranya, 5.592 orang adalah program sarjana (S1), 1.129 orang dari program vokasi (D-4) dan 1.237 orang dari program pascasarja­na. ”Selain itu, ITS telah menerima mahasiswa asing 42 orang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia