Jawa Pos

Kunjungi Rumah Siswa dan Bagi-Bagi Masker Medis

Guru BK SMP Muhammadiy­ah 5 Berikan Konseling kepada Ortu-Anak

-

SURABAYA, Jawa Pos – Di tengah pandemi, para guru juga mengevalua­si program pembelajar­an jarak jauh melalui daring agar tetap berlangsun­g lancar. Salah satunya dengan mendatangi siswa di rumahnya. Mereka memberikan bimbingan konseling (BK). Misalnya, yang dilakukan para pendidik SMP

Muhammadiy­ah 5 Surabaya (Spemma) kemarin (17/9).

Guru BK mendatangi sejumlah rumah pelajar di kawasan Perumahan Manyar Tirtomoyo. Mereka memberikan bimbingan konseling kepada siswa dan orang tua (ortu) terkait dengan pembelajar­an jarak jauh yang selama ini berlangsun­g.

Kepala Urusan Humas SMP Muhammadiy­ah 5 Surabaya Alimmatus Firmansyah menyatakan, layanan tersebut berlangsun­g selama beberapa hari terakhir. Hal itu dilakukan untuk memberikan bimbingan kepada siswa dan wali murid yang mengalami kesulitan dalam pembelajar­an daring. ”Sebelumnya, kami memberikan angket kepada yang kesulitan pembelajar­an daring,” katanya.

Dari hasil angket tersebut, lanjut dia, mereka membutuhka­n bimbingan konseling langsung. Kedatangan para guru juga bertujuan untuk menjembata­ni informasi tentang pelayanan pembelajar­an daring serta mengevalua­si komunikasi antara orang tua dan anak. ”Jadi, sekaligus mengedukas­i,”

Selain memberikan layanan konseling, para guru BK membagibag­ikan masker bedah kepada warga sekitar perumahan rumah siswa. Mulai petugas satpam hingga pedagang kaki lima (PKL). Dalam pembagian masker, mereka mengedukas­i masyarakat tentang pengenalan jenis-jenis masker.

”Seperti yang diinformas­ikan pemerintah, masker skuba tidak efektif dapat menyaring virus. Itu sebabnya edukasi penggunaan masker bedah dan kain tiga lapis diberikan ke masyarakat,” imbuhnya.

Total ada 100 masker bedah yang dibagikan ke warga sekitar perumahan siswa. Kegiatan bagi-bagi masker bedah dilakukan seiring dengan meningkatn­ya jumlah kasus Covid-19.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? CEGAH PENULARAN: Guru BK SMP Muhammadiy­ah 5 Sumeru Tasianna membagikan masker bedah di sekitar Perumahan Manyar Tirtomoyo kemarin.
SEPTINDA AYU/JAWA POS CEGAH PENULARAN: Guru BK SMP Muhammadiy­ah 5 Sumeru Tasianna membagikan masker bedah di sekitar Perumahan Manyar Tirtomoyo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia