Jawa Pos

Edukasi Anak Pakai Masker saat Bermain

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meski sudah purnatugas dari jabatan sebagai Duta Anak Surabaya 2019, Zaki Raihansyah masih aktif berkegiata­n untuk menebar kebermanfa­atan. Dia ikut mengampany­ekan kedisiplin­an menerapkan protokol kesehatan. Terutama di lingkungan sekitar tempat tinggalnya di Jetis Kulon, Wonokromo. Bersama perangkat kampung maupun karang taruna, Zaki juga terlibat dalam pembagian masker untuk anak-anak. ’’Agar lebih sadar memakai masker. Tapi, di sini masih banyak anak yang bergerombo­l ketika bermain,’’ ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (17/9).

Siswa kelas XI SMAN 9 itu mengatakan, purnatugas sebagai duta anak DP5A Surabaya tidak berarti berhenti melakukan hal-hal baik. Karena itu, dia membuat gebrakan pribadi dengan concern pada program literasi anak-anak. ’’Di tempat tinggal saya sedang digalakkan program kampung literasi. Jadi, saya ikut mendongeng untuk adik-adik usia SD,’’ imbuhnya. Selain itu, Zaki bergerak untuk mengembang­kan perajin batik di wilayah Jetis Kulon dengan membesarka­n lingkup produksi batik menjadi UKM. Salah satu yang dilakukan adalah pemasaran lewat media sosial hingga analisis market.

Zaki mengatakan, kontribusi sebagai pemuda bisa dilakukan lewat hal-hal sederhana. Misalnya, tanggap memberikan bantuan pada apa yang tengah dibutuhkan di sekitar. ’’Saat di sini bikin wastafel, saya bantu untuk membuat desain poster yang berisi langkah-langkah mencuci tangan. Selama pandemi, saya juga banyak memanfaatk­an waktu luang untuk belajar menulis, mendesain, dan mengedit video,’’ ungkapnya.

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? TERLINDUNG­I: Zaki Raihansyah memakaikan masker kepada salah satu anak di kawasan Jetis Kulon.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS TERLINDUNG­I: Zaki Raihansyah memakaikan masker kepada salah satu anak di kawasan Jetis Kulon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia