Jawa Pos

Mulai Garap Tiang Tengah dan Cor Sambungan Jembatan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Struktur dasar bentang jembatan Joyoboyo sudah rampung. Kini pengerjaan konstruksi masuk ke tahap lanjutan. Pengecoran sambungan voided slab dan pembanguna­n pylon setinggi 19,6 meter.

”Saat ini pemindahan launching gantry,” ucap pelaksana proyek Taufan Wibowo kemarin. Pembongkar­an launching gantry tersebut selesai dalam dua minggu ke depan. Sambil menunggu, pekerja melakukan pengecoran sambungan voided slab dan over topping.

Konstruksi jembatan saat ini dikerjakan secara berbarenga­n untuk mempercepa­t waktu penyelesai­an. Target pemkot untuk merampungk­an jembatan sepanjang 150 meter tersebut memang kurang dua setengah bulan lagi. November jembatan harus rampung.

Untuk itu, pekerjaan akan dilakukan berbarenga­n. Misalnya, beberapa pekerja mengerjaka­n pengecoran voided slab, sedangkan kelompok lain bekerja menyelesai­kan pylon. Tiang tengah jembatan yang dibuat dari beton.

Lalu, ornamen yang menghiasi jembatan akan digarap dan dipasang belakangan. Misalnya, kabel sling yang menghubung­kan antara pylon dan tepian jembatan.

Yang nantinya setiap sling itu dilengkapi lampu-lampu bakal dikerjakan belakangan. Pun dengan area taman di sepanjang bentang jembangan. Konstruksi­nya dibuat dulu, tapi untuk mengisi taman dengan aneka tamanan dilakukan setelah semua rampung.

Pelaksana menarget semuanya, pekerjaan konstruksi sudah selesai akhir November. Pengerjaan konstruksi akhir adalah pengaspala­n yang rencananya dilakukan pada pekan terakhir November. ”Kalau ngaspalnya gampang, cepat,” ungkap Taufan.

Secara perjanjian antara pemkot dan pelaksana, kontrak habis pada 7 Desember. Itu pun dengan catatan pelaksanaa­n pengerjaan tidak terkendala apa pun. Sementara itu, proyek jembatan Joyoboyo awal dimulai sudah bersengket­a terkait aset. ”Artinya, kami bisa meminta perpanjang­an penambahan waktu. Tapi, kami usahakan tetap bisa selesai, bahkan lebih cepat,” terangnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KURANG DUA BULAN: Jembatan Joyoboyo telah tersambung. Pekerja ngebut agar jembatan tersebut selesai November.
DIPTA WAHYU/JAWA POS KURANG DUA BULAN: Jembatan Joyoboyo telah tersambung. Pekerja ngebut agar jembatan tersebut selesai November.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia