Jawa Pos

Stok Darah A dan O Menipis

Donor Plasma Bertambah

-

SIDOARJO, Jawa Pos − Hari Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-75 kemarin (17/9) diperingat­i dengan sederhana. Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Sidoarjo tidak mengadakan kegiatan masal. Tapi, layanan donor tetap berjalan.

Tujuannya menjaga stok darah tetap aman. Juga memenuhi stok darah yang mulai menipis. Misalnya, stok darah untuk golongan A jenis packet red cell (PRC). Hingga kemarin pagi, stok darah untuk golongan itu hanya tersedia 29 kantong.

Kepala UTD PMI Sidoarjo Septi Laily Rif’ati menyatakan, secara keseluruha­n stok darah masih aman. ”Cuma golongan darah A menipis,” katanya.

Padahal, setiap hari ada permintaan darah untuk ditransfus­i ke pasien. Stok yang ada sekarang masih sangat kurang. Pihak UTD PMI pun selalu mengimbau kepada warga untuk melakukan donor darah. Mereka diminta untuk segera berdonor. Terutama pendonor yang sudah memiliki jadwal untuk donor darah.

Selain stok darah golongan A yang menipis, stok golongan darah O juga kurang. Untuk jenis PRC, stok yang tersedia hanya 72 kantong.

Seperti golongan darah A, untuk golongan darah O permintaan dari warga yang membutuhka­n juga banyak. ”Paling dicari A dan O,” kata Manajer Kualitas UTD PMI Sidoarjo Asyik Yusak.

Jenis PRC golongan darah tersebut biasa digunakan oleh masyarakat yang sakit dan butuh donor. Karena itu, perlu ada penambahan stok agar tidak terjadi kekosongan. Jika sewaktu-waktu warga ada yang membutuhka­n, dapat langsung diberikan.

Sementara itu, donor plasma dari para pasien yang sembuh dari Covid-19 sampai kemarin masih berjalan. Sudah ada 54 pendonor konvalesen. Mereka berasal dari para mantan pasien Covid-19 berbagai rumah sakit di Kota Delta.

”Ada yang baru pertama donor. Ada yang sudah tiga kali,” katanya.

 ??  ?? GARA-GARA KAGET: Mobil Daihatsu Ayla nopol L 1353 CD menabrak truk tangki air di jalan raya simpang tiga monumen Desa Wonoplinta­han, Prambon, kemarin (17/9).
GARA-GARA KAGET: Mobil Daihatsu Ayla nopol L 1353 CD menabrak truk tangki air di jalan raya simpang tiga monumen Desa Wonoplinta­han, Prambon, kemarin (17/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia