Jawa Pos

Karapan Sapi Piala Presiden Ikut Ditunda

-

BANGKALAN, Jawa Pos – Kepastian penyelengg­araan Karapan Sapi Tradisiona­l Piala Presiden 2020 belum menemukan titik terang. Semestinya, saat ini seleksi tingkat kecamatan sudah dimulai. Tetapi, acara itu terpaksa ditunda karena tidak mendapat izin keramaian terkait persebaran Covid-19 yang belum mereda di Kota Salak.

Awalnya, seleksi pertama dilaksanak­an di Kecamatan Tanah Merah pada Minggu (6/9). Jadwal tersebut akhirnya dibatalkan. Sebagai tindak lanjut, digelar rapat koordinasi di Sampang pada Selasa (7/9). Lagilagi, tidak ada keputusan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangkalan Moh. Hasan Faisol yang diwakili Hendra Gemma Dominan membenarka­n bahwa pelaksanaa­n karapan sapi tradisiona­l 2020 sempat direncanak­an dan diawali dengan seleksi kecamatan pada Minggu (6/9). ”Ditunda karena belum ada kejelasan teknis pelaksanaa­n,” katanya.

Jika berdasar hasil rapat yang diikuti perwakilan dari empat kabupaten, tempat pelaksanaa­nnya sudah disepakati di Sampang pada 2020. Penyelengg­araannya tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetapi, petunjuk teknis belum ditentukan. ”Sebenarnya tinggal menunggu teknisnya.”

Hasil rapat koordinasi tersebut akan menjadi bahan pertimbang­an persetujua­n oleh gubernur Jawa Timur. ”Kami masih menunggu jawaban dari Bu Khofifah (Indar Parawansa),” tuturnya.

Salah seorang pengamat budaya Madura, Bangkalan, Mudassir menyayangk­an kabar penundaan tersebut. Sebab, sebagian besar pemilik sapi sudah melakukan persiapan. Penundaan di Kecamatan Tanah Merah diinformas­ikan tepat pada hari H pelaksanaa­n (6/9). Dengan begitu, banyak pemilik sapi yang kecewa karena sudah telanjur melakukan persiapan. ”Info penundaann­ya karena menunggu izin gubernur,” katanya.

 ?? DOKUMEN JPRM ?? SERU: Peserta saat berlaga di kejuaraan Karapan Sapi Tradisiona­l Piala Presiden 2019 di Stadion Karapan Sapi Moch. Noer, Bangkalan.
DOKUMEN JPRM SERU: Peserta saat berlaga di kejuaraan Karapan Sapi Tradisiona­l Piala Presiden 2019 di Stadion Karapan Sapi Moch. Noer, Bangkalan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia