Jawa Pos

Kepala Sales Embat Uang Pinjaman Nasabah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebagai kepala sales PT Astra Sedaya Finance (ASF), Stevanus masih tergiur uang pinjaman nasabah. Duit yang seharusnya diterima nasabah malah dimasukkan ke rekening pribadinya.

Jaksa penuntut umum (JPU) Darwis dalam dakwaannya menyatakan, terdakwa yang menjabat sebagai kepala sales PT Astra Sedaya Finance (ASF) Cabang Surabaya telah menggelapk­an uang hasil top-up atau penambahan pinjaman yang diajukan seorang debitor sebesar Rp 140,4 juta. Uang itu rencananya digunakan debitor untuk membeli mobil Toyota Yaris.

Menurut jaksa, uang top-up itu ditransfer langsung oleh PT ASF pusat kepada debitor. Terdakwa menyuruh anak buahnya untuk meminta kepada debitor agar mentransfe­r uang pinjaman yang sudah diterimany­a. Namun, transfer ke rekening pribadi terdakwa atas permintaan terdakwa. Bukan ke rekening perusahaan.

Terdakwa menyatakan akan mentransfe­r uang itu ke kantor pusat. Namun, setelah uang dari debitor itu masuk ke rekeningny­a, terdakwa tidak mentransfe­rnya ke rekening perusahaan­nya. ”Melainkan uang tersebut tanpa seizin dan tanpa sepengetah­uan kepala cabang PT ASF Surabaya dipergunak­an terdakwa untuk kepentinga­n sendiri,” katanya.

Majelis hakim yang diketuai Sutarno memvonis terdakwa pidana dua tahun penjara. Vonis tersebut lebih berat dari tuntutan jaksa Darwis yang menuntut terdakwa pidana 1,5 tahun penjara. ”Mengadili, menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapa­n dalam jabatan,” ujar hakim Sutarno dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya kemarin (17/9).

Menanggapi vonis itu, terdakwa Stevanus yang tidak didampingi pengacara menyatakan pikirpikir. Dia masih belum bersikap apakah akan banding atau tidak terhadap putusan tersebut. ”Saya pikir-pikir Yang Mulia,” katanya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TEGA: Stevanus menyatakan pikir-pikir setelah divonis dua tahun penjara kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TEGA: Stevanus menyatakan pikir-pikir setelah divonis dua tahun penjara kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia