Jawa Pos

Dari Koleksi hingga Bikin Sendiri

Peny Vitri Serius Belajar Aksesori sejak 2010

-

SURABAYA, Jawa Pos – Deretan aksesori memenuhi etalase kaca galeri milik Peny Vitri Saumuwaty di Kedungdoro. ”Itu koleksi terbaru produk saya,” katanya saat ditemui. Dia menunjukka­n kalung dengan liontin berbahan batu cabochon. Peny memang hobi mengoleksi aksesori. Lewat hobinya itu, dia mengembang­kan UMKM aksesori dengan berbagai bahan.

Sebelumnya, Peny gemar mengoleksi berbagai jenis aksesori seperti kalung dan gelang. Hobinya itu membuat dia berkreasi dengan aksesori. Sebab, ibu tiga anak itu juga memiliki keahlian di bidang kerajinan tangan. ”Beberapa waktu lalu memang berbisnis kerajinan tangan seperti tas dan dompet dari manik-manik. Jadi, ingin coba membuat aksesori juga,” tuturnya.

Awalnya, dia hanya memakai sendiri aksesori buatannya. Tak disangka, banyak rekannya yang tertarik dengan kreasi tersebut. Peny pun memberanik­an diri untuk memproduks­i aksesori dengan jumlah banyak. Bahkan, dia semakin serius dengan mengikuti berbagai kursus untuk membuat aksesori pada 2010.

Ciri khas produknya adalah pada liontin dengan berbagai bahan. Mulai batu-batuan, kain batik, hingga ecoprint. ”Inspirasin­ya dari tren terkini, lalu desainnya inovasi sendiri,” papar nenek dua cucu itu. Dari situ, Peny bisa memproduks­i beragam aksesori, mulai kalung, gelang, hingga bros. Beberapa produknya juga multifungs­i. Misalnya, liontin yang bisa dijadikan bros.

Berkat usahanya itu, dia bisa memberdaya­kan masyarakat sekitar tempat tinggalnya untuk membantuny­a memproduks­i aksesori. Peny juga mendapat penghargaa­n atas dedikasiny­a di bidang UMKM pada 2014. Yakni, Karya Cipta Adi Nugraha dari Pemkot Surabaya untuk kategori Perdaganga­n Menengah.

”Kuncinya itu memang selalu berinovasi dan optimistis. Itu juga membuat saya selalu semangat dan bahagia,” pungkasnya.

 ?? PENY VITRI SAUMUWATY FOR JAWA POS ?? HOBI: Kegemaran mengoleksi aksesori membuat Peny menciptaka­n item desainanny­a sendiri. Lambat laun, produk bikinannya itu menarik rekan-rekannya untuk memesan.
PENY VITRI SAUMUWATY FOR JAWA POS HOBI: Kegemaran mengoleksi aksesori membuat Peny menciptaka­n item desainanny­a sendiri. Lambat laun, produk bikinannya itu menarik rekan-rekannya untuk memesan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia