Jawa Pos

BST Tahap VI Senilai Rp 300 Ribu Cair

Jumlah Penerima Bantuan di Surabaya Bertambah 12 Ribu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Para penerima bantuan sosial tunai (BST) di Kota Surabaya boleh bergembira. BST tahap VI senilai Rp 300 ribu cair. Pembagian bantuan dari pemerintah pusat itu dilakukan di kantor-kantor pos di Surabaya mulai kemarin (18/9).

Ada 12 titik pencairan bantuan. Di kawasan Surabaya Utara, pengambil terbanyak berada di Terminal Wisata Ampel (TWA) dan Kantor Pos Kebonrojo. Di Kebonrojo, 4.527 keluarga penerima manfaat (KPM) dijadwalka­n menerima bantuan kemarin.

Mereka berasal dari dua kelurahan. Yakni, Kelurahan Bulak Banteng dan Tembok Dukuh.

Selain di Kantor Pos Kebonrojo, antrean pengambila­n juga terjadi di Kantor Pos Jalan Demak dan Tanjung Perak. Kepala Kantor Pos Surabaya Dino Ariyadi menjelaska­n, pembagian BST dilakukan bertahap hingga Kamis (24/9). Masyarakat bisa mengambil sesuai dengan lokasi yang tertera di undangan. ’’Soal mekanisme tidak berbeda dibanding tahap IV dan V. Aturannya tetap wajib pakai masker dan antre,’’ kata Dino.

Dia menegaskan bahwa ada petugas yang bakal melakukan pengawasan. Untuk itu, seluruh pengambil harus mematuhi protokol. Mereka tidak boleh berdesak-desakan.

Menurut Dino, jumlah penerima BST tahap VI memang berbeda daripada sebelumnya. Ada selisih 12 ribu. Kali ini, Kantor Pos Surabaya dipercaya melayani 174.388 KPM.

’’Banyak usul baru. Alhamdulil­ah diterima pemerintah,’’ kata Dino. Dia menyebut usul berasal dari pengurus RT/ RW dan kelurahan. Penerima sudah diverifika­si Dinsos Surabaya. Lantas, bagaimana dengan warga yang belum mengambil bantuan tahap IV dan V? Dino menegaskan bahwa masyarakat masih diberi kesempatan hingga akhir September. Warga masih bisa mengambiln­ya asalkan dapat memberikan penjelasan yang masuk akal.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? CEK DATA: Petugas mencocokka­n data penerima BST sebelum menyerahka­n dana bantuan tersebut.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS CEK DATA: Petugas mencocokka­n data penerima BST sebelum menyerahka­n dana bantuan tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia