Jawa Pos

IL GUERRIERO DIBENCI, IL GUERRIERO DICINTAI

-

MILAN, Jawa Pos – Arturo Vidal meninggalk­an Serie A lima musim lalu dengan manis. Heading-nya ke gawang Emiliano Viviano jadi penentu kemenangan 1-0 Juventus atas Sampdoria. Gol yang sekaligus menandai perayaan scudetto ke-31 La Vecchia Signora –julukan Juve– pada giornata ke-34 Serie A 2014–2015. Musim ini, Vidal balik dari petualanga­nnya di Bundesliga dengan Bayern Muenchen (2015–2018) yang diteruskan ke La Liga membela FC Barcelona (2018– 2020). Petualanga­n yang membuahkan delapan trofi. Enam bersama Bayern dan dua lainnya dengan Barca. Satu gelar lebih banyak ketimbang empat musimnya bersama Juve (2011–2015). Bedanya, kali ini Il Guerriero mengenakan jersey Inter Milan. Klub yang notabene rival paling kompetitif Juve di Serie A saat ini. Musim lalu, Nerazzurri –sebutan Inter Milan– hanya finis satu poin (82-83) di belakang La Vecchia Signora.

Hal itulah yang memantik reaksi berbeda dari Interisti. Sebagian membenci Vidal karena gelandang berkebangs­aan Cile itu memiliki tato dua bintang di bagian bawah lengan kanannya. Juga tulisan 2011–’12 dan 2012–’13. Tato tersebut merupakan simbol scudetto yang pernah diraih di dua musim awal Vidal bersama Juve.

Interisti yang membenci Vidal menuding Vidal sebagai pengkhiana­t. Ada pula yang meminta pemain 33 tahun itu menghapus tato tersebut ketika memilih bergabung dengan Nerazzurri.

Meski begitu, tidak sedikit Interisti yang mencintai Vidal karena Il Guerriero adalah pemain yang dibutuhkan skuad asuhan Antonio Conte. Interisti tidak sabar menanti debut Vidal saat menghadapi Fiorentina di Stadio Giuseppe Meazza dini hari nanti (siaran langsung

pukul

’’Arturo (Vidal) bisa membuat perbedaan,’’ klaim attaccante Inter Romelu Lukaku seperti dilansir La Gazzetta dello Sport. Datang dengan status free transfer, Vidal bisa memberikan warna baru dalam skema 3-5-2 khas Conte. Selain Vidal, wingback kanan Achraf Hakimi dan bek Aleksandar Kolarov ditunggu penampilan­nya dini hari nanti.

”Menurutku, Arturo pemain dengan kualitas yang hebat. Musim lalu, kami memang sudah menjalanin­ya dengan bagus. Tetapi, kami harus meningkatk­an kualitas dan pengalaman. Dua hal yang ada pada dirinya (Vidal),’’ tutur Lukaku.

Top scorer Inter musim lalu itu menilai, Vidal bisa membantuny­a dalam mencetak gol. Mungkin bukan Vidal yang pernah dua musim beruntun menembus dobel digit gol di Juve (15 gol pada 2012–2013 lalu 18 gol pada 2013–2014).

Meski begitu, musim lalu Vidal masih berkontrib­usi dalam 11 gol Barca. Perinciann­ya, 8 gol dan 3 assist. Bukan statistik kaleng-kaleng untuk pemain yang berada dalam tim dengan deretan pencetak gol ulung seperti Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann.

Dalam pre-match press conference tadi malam, Conte memberikan sedikit bocoran tentang peran Vidal dalam skema yang diusungnya. FC Inter News mengklaim, Conte berencana memaksimal­kan Il Guerriero sebagai attacking midfielder. ’’Dia menyesuaik­an diri dengan baik serta sangat cerdas dengan mentalitas yang hebat. Aku pikir dia bisa melakukan segalanya,’’ tutur Conte yang pernah membesut Vidal di Juve pada 2011–2012 itu. Yang menarik, laga dini hari nanti memungkink­an Vidal headto-head dengan winger Fiorentina Franck Ribery. Pemain yang pernah akrab dengannya semasa membela Bayern.

 ??  ?? MUKA BARU TAPI LAMA: Arturo Vidal diproyeksi­kan menjalani debut bersama Inter Milan saat menghadapi Fiorentina di Stadio Giuseppe Meazza dini hari nanti (27/9).
MUKA BARU TAPI LAMA: Arturo Vidal diproyeksi­kan menjalani debut bersama Inter Milan saat menghadapi Fiorentina di Stadio Giuseppe Meazza dini hari nanti (27/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia