Jawa Pos

Tahun Depan Semua Pasar Dipercanti­k

Termasuk Yang Dikelola PD Pasar Surya

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pasar tradisiona­l yang terkesan kotor sering menjadi pemandanga­n sehari-hari. Tak terkecuali di kota metropolis Surabaya. Urusan pasar tradisiona­l dengan kesan seperti itu akan diselesaik­an tahun depan oleh pemkot.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian Maharhando­no menjelaska­n bahwa pihaknya sedang menyusun rencana untuk perbaikan seluruh pasar. Bukan hanya pasar rakyat, tapi juga termasuk pasar tradisiona­l di bawah PD Pasar Surya.

”Target kami, seluruh pasar rakyat dan pasar yang dikelola PD Pasar dibenahi,” jelasnya kemarin.

Khusus pembenahan pasar di bawah PD Pasar Surya memang tidak bisa sembaranga­n. Ada mekanisme penyertaan modal terlebih dahulu. Sebab, aset di bawah perusahaan daerah itu dipisahkan dari aset Pemkot Surabaya. Meskipun perusahaan tersebut juga milik pemkot.

”Bisa nanti dianggap penyertaan modal dari pemkot ke PD Pasar. Tapi, harus persetujua­n DPRD terlebih dahulu,” jelas dia.

Pembenahan pasar sebenarnya juga dilakukan tahun ini. Total ada empat pasar rakyat yang dibenahi secara serentak. Yaitu, Pasar Kutisari, Sememi, Gunung Anyar, serta Nambangan.

Dari pengamatan di Pasar Gunung Anyar, pekerjaan konstruksi telah usai. Beberapa bulan lalu, pekerja tengah mengecat bangunan dua lantai itu. Dinding disapu dengan warna putih. Kesan bersih pun terlihat. Salah seorang pedagang Rohmah menjelaska­n, Pasar Gunung Anyar kini semakin bersih. Lahan parkir pun besar. ”Lumayan, pembelinya bertambah,” ucap penjual pakaian itu.

Lebih lanjut, Iman menjelaska­n bahwa Pasar Gunung Anyar direhab dengan menambah area parkir. Selain itu, perbaikan kamar mandi serta pengecatan seluruh dinding bangunan. Lain halnya di tiga pasar lain. Misalnya, Pasar Nambangan dan Kutisari. Pemkot membenahi paving serta saluran. Di Pasar Sememi, selain pemasangan paving dan pengerjaan saluran, tembok bangunan juga dicat. ”Agar warga semakin nyaman berbelanja,” terangnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SENTRA EKONOMI: Pasar Gunung Anyar yang telah direnovasi tahun ini menjadi semakin bagus. Pemkot berencana memperbaik­i semua pasar tradisiona­l tahun depan.
FRIZAL/JAWA POS SENTRA EKONOMI: Pasar Gunung Anyar yang telah direnovasi tahun ini menjadi semakin bagus. Pemkot berencana memperbaik­i semua pasar tradisiona­l tahun depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia