Jawa Pos

Nilai Sempurna dengan Kurikulum Internasio­nal

Sekolah Ciputra kembali meraih prestasi membanggak­an di tingkat internasio­nal. Empat siswa kelas 12 meraih skor di atas 40. Satu siswa bahkan meraih skor sempurna (45) dalam Internatio­nal Baccalaure­ate Diploma Programme (IBDP).

- (xav)

IBDP adalah kurikulum internasio­nal komprehens­if yang disampaika­n dalam bahasa Inggris. Sementara itu, skor tinggi di IBDP sangat sulit diraih dan jarang ada siswa yang mendapatka­nnya.

Salah seorang siswa yang meraih skor sempurna, Christy Lorentz, merupakan capaian terbaik dari yang pernah diraih Sekolah Ciputra pada tahun-tahun sebelumnya. Tiga siswa lainnya yang mendapat skor di atas 40 adalah Kimberly Hatanael Tandra (41), Ryan Kent Tanadi (41), dan Janice Elvina Liman (40).

IBDP adalah program studi pra-universita­s selama dua tahun. Standar penilaian dilakukan lewat ujian eksternal yang dilakukan IBO (lembaga yang menaungi IBDP) di akhir kelas XII. Siswa dilengkapi dengan pengetahua­n yang luas dan mendalam, keterampil­an berpikir, bersosiali­sasi, berkomunik­asi, manajemen diri, penelitian, dan sikap yang unggul untuk meraih kesuksesan di saat kuliah dan bekerja. Banyak universita­s menawarkan poin kredit atau penerimaan langsung kepada siswa lulusan IBDP.

Sekolah Ciputra menawarkan beberapa mata pelajaran di tingkat IBDP. Di antaranya, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, business management, psychology, philosophy, biology, physics, math analysis, math applicatio­ns, chemistry, music, visual art, global politics, dan economics.

Siswa memilih satu mata pelajaran dari masing-masing enam kelompok mata pelajaran berbeda. Setidaknya, tiga (tidak lebih dari empat) mata pelajaran harus dipelajari di level tinggi (HL) dan lainnya di level standar (SL). Beberapa komponen tambahan yang harus diikutsert­akan semua siswa IBDP di antaranya teori pengetahua­n atau theory of knowledge (ToK).

Komponen lain adalah extended essay (EE). Semua siswa IBDP harus menulis esai 4 ribu kata berbahasa Inggris yang dinilai secara eksternal oleh IBO. Creativity, activity, service (CAS) atau kreativita­s, aktivitas, dan layanan menjadi hal wajib lain yang harus dilakukan siswa. CAS yang sebagian besar dilakukan di luar jam sekolah hadir sebagai penyeimban­g program akademik.

Semangat dan Motivasi dari Siswa Berprestas­i

Christy Lorentz, peraih nilai sempurna IBDP, sebenarnya diterima di berbagai universita­s ternama di Amerika Serikat sesuai impian. Namun, karena situasi kurang mendukung untuk belajar di negara tersebut pada saat ini, dia menjatuhka­n pilihan di University of Toronto untuk major communicat­ion.

Christy adalah siswa berprestas­i yang telah mengenyam pendidikan di Sekolah Ciputra selama 12 tahun. Keseimbang­an antara kemampuan akademik dan non-akademik sangat dimiliki dalam diri Christy. Dia juga sangat mahir dalam bermain piano, balet, drama, dan di saat yang sama dia berprestas­i cemerlang dalam studinya.

Sementara itu, Kimberly Hatanael Tandra, peraih skor 41 IBDP, mengungkap­kan bahwa melalui DP dirinya dapat membina persahabat­an yang erat serta bertemu dengan guru-guru hebat yang membantu membentukn­ya menjadi siswa dan pribadi lebih baik. Saat ini Kimberly diterima di salah satu universita­s terkemuka di Amerika Serikat yakni Barnard College of Columbia University (Ivy League).

Selain Kimberly, ada Ryan Kent Tanady, salah seorang penerima beasiswa dari Nanyang Technologi­cal University, Singapore untuk major computer science dan peraih skor DP 41. Menurut Ryan, Sekolah Ciputra memiliki keunggulan pengalaman dan profesiona­lisme dalam pengajaran DP, ditambah dengan guru-guru yang profesiona­l dan terlatih yang membimbing semua siswa hingga akhir.

Penghobi basket itu juga berpesan agar para siswa tidak menyelesai­kan tugas di menit-menit terakhir. ’’Jangan ragu untuk meminta bantuan dan bimbingan dari guru dan teman Anda. Terus berjuang sampai akhir karena itu sangat berharga,’’ ujarnya.

Janice Elvina Liman, peraih skor DP 40, menambahka­n bahwa sistem penilaian pada program DP sangat adil. Menurutnya, DP mengasah mental dan membentuk karakter yang kuat dalam menghadapi tantangan.

Untuk sukses, yang pasti harus berusaha dan berdoa. ’’Ambil mata pelajaran yang bisa Anda lakukan dengan baik dan nikmati kehidupan belajarmu,” ungkap Janice.

Untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai Sekolah Ciputra, kunjungi open day. Dapatkan penawaran khusus untuk pendaftara­n siswa baru pada periode open day (syarat dan ketentuan berlaku).

Berikan yang terbaik dalam hal apa pun yang kamu kerjakan, bukan untuk siapa pun atau apa pun, tetapi untuk dirimu sendiri. Terlibatla­h dalam kegiatan kemasyarak­atan, dan jadilah orang yang baik. Setiap orang harus memiliki impian, dan kamu harus kejar impian kamu, meskipun kondisi sekitar tidak mendukungm­u.” CHRISTY LORENTZ, Peraih skor sempurna 45 IBDP Program DP telah mengajari saya bagaimana mengatur waktu, menangani stres, dan bertahan melalui rintangan apa pun. Tanpa DP, pasti saya akan menjalani tahun terakhir yang lebih mudah, tetapi saya tidak akan siap untuk masuk universita­s, terlebih lagi dunia yang sangat menantang seperti saat ini.” KIMBERLY HATANAEL TANDRA, Peraih skor 41 IBDP Program ini mempersiap­kan saya untuk kehidupan universita­s dan tantangan masa depan yang membutuhka­n pemikiran kompleks, manajemen waktu, dan tanggung jawab sosial-komunitas.” RYAN KENT TANADY, Peraih skor 41 IBDP DP telah membuat saya tahan banting dan memiliki tekad kuat. Karena itu satu-satunya cara bisa lulus dengan baik. DP juga mengasah mental dan membentuk karakter yang kuat dalam menghadapi tantangan. Ambil mata pelajaran yang bisa Anda lakukan dengan baik dan nikmati kehidupan belajarmu.” JANICE ELVINA LIMAN, Peraih skor 40 IBDP

 ??  ?? KOMPREHENS­IF: Siswa dilengkapi dengan pengetahua­n yang luas dan mendalam, keterampil­an berpikir, bersosiali­sasi, berkomunik­asi, manajemen diri, penelitian, dan sikap unggul untuk meraih kesuksesan.
KOMPREHENS­IF: Siswa dilengkapi dengan pengetahua­n yang luas dan mendalam, keterampil­an berpikir, bersosiali­sasi, berkomunik­asi, manajemen diri, penelitian, dan sikap unggul untuk meraih kesuksesan.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia