Jawa Pos

Pencairan BST Tahap VI Mencapai 90 Persen

PT Pos Kerahkan Petugas untuk Cek Warga yang Belum Ambil Bantuan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pencairan bantuan sosial tunai (BST) tahap keenam secara serentak selesai Kamis (24/9). Dari 174.388 keluarga penerima manfaat (KPM), sebanyak 90 persennya telah mengambil bantuan. PT Pos Indonesia mengerahka­n pegawainya untuk mengecek kondisi KPM yang belum mengambil bantuan dari Kemensos tersebut.

Kepala Kantor Pos Surabaya Dino Ariyadi menjelaska­n bahwa pencairan BST berjalan lancar. Meski tak dilayani secara bersama-sama, Dino meminta masyarakat tak perlu khawatir. Mereka masih diberi kesempatan untuk mengambil uang Rp 300 ribu itu hingga akhir bulan. ’’Masih bisa diambil.

Sekarang belum kami kembalikan ke Kemensos,’’ lanjutnya.

Menurut dia, instansiny­a tetap mengedepan­kan kemudahan pengambila­n. Uang bantuan dititipkan pada kantor pos terdekat dari alamat KPM.

’’Syaratnya masih tetap. Selama dokumen KPM lengkap, petugas tetap melayani pengambila­n,’’ tambahnya.

Dino menegaskan bahwa penerima BST diprediksi bertambah pada tahap ketujuh. Hanya, jumlah penambahan KPM belum diketahui. Selain usulan, angka penerima bergantung pada stok anggaran.

Anggota Satgas Pembagian BST Kantor Pos Surabaya Eko Prijono menjelaska­n, instansiny­a telah mengevalua­si pembagian BST tahap VI. Pencairan lebih tertib daripada sebelumnya. Warga sudah sadar akan protokol pengambila­n BST.

Pada pembagian BST tahap VI, hampir seluruh masyarakat sudah memakai masker. Tidak ada lagi eyel-eyelan antara petugas dan warga terkait APD. Dari segi waktu, masyarakat juga tertib. ’’Mereka datang sesuai waktu yang ditentukan,’’ kata Eko.

Pembagian BST tahap VI dilakukan selama seminggu. Ada 12 titik lokasi pengambila­n bantuan di Surabaya. Nilai uang yang diberikan Rp 300 ribu per KPM. Nilai itu sama dengan BST tahap VII yang jadwal pembagiann­ya belum ditentukan.

DINO ARIYADI

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SEPAKAT AMANKAN PILWALI SURABAYA: Deklarasi pemilu sehat yang dihadiri Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Dandim 0830 Surabaya Utara, Dandim 0831 Surabaya Timur, dan penyelengg­ara pemilu di Hotel Pesona kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SEPAKAT AMANKAN PILWALI SURABAYA: Deklarasi pemilu sehat yang dihadiri Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Dandim 0830 Surabaya Utara, Dandim 0831 Surabaya Timur, dan penyelengg­ara pemilu di Hotel Pesona kemarin.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MAYORITAS SUDAH AMBIL: Petugas kantor pos memberikan BST kepada salah seorang warga.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MAYORITAS SUDAH AMBIL: Petugas kantor pos memberikan BST kepada salah seorang warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia