Jawa Pos

Dokumen Bisa Diurus lewat RW Terpadu

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pemerintah Kecamatan Semampir merintis program layanan RW terpadu tahun lalu. Layanan yang sempat dihentikan gara-gara pandemi Covid-19 itu kini kembali dihidupkan. Untuk mengurus surat-surat, warga cukup mendatangi balai RW dan tak perlu repot datang ke kecamatan.

Layanan RW terpadu mendapatka­n dukungan dari Dispendukc­apil Kota Surabaya. Instansi itu sudah melakukan survei. Harapannya, seluruh RW di Semampir bisa melaksanak­annya.

Kasi Pemerintah­an Kecamatan Semampir Hery Prasetyo menjelaska­n bahwa layanan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, hanya satu RW yang dipilih di masing-masing kelurahan. ”Kami mempertimb­angkan banyak hal. Tidak saja peralatan,” katanya. Menurut dia, persoalan SDM juga penting untuk menyuksesk­an layanan. Selain itu, jaringan internet tak bisa diabaikan.

Satu-satunya RW yang siap dijadikan percontoha­n, kata Hery, adalah RW 3 Kelurahan Ampel. Di balai RW sudah tersedia sarana lengkap. Termasuk komputer dan printer.

Jawa Pos sempat memantau proses uji coba di balai RW 3. Meski baru dibuka, masyarakat tampak antusias menyambutn­ya. Mereka meminta tolong kepada pengurus RW untuk memproses dokumennya.

Ketua RW 3 Umar Al Askhabari menjelaska­n bahwa pelayanan di balai RW dibuka pada malam. Tidak saja mempertimb­angkan kondisi pengurus. Namun, juga mempertimb­angan waktu longgar masyarakat.

Umar Al Askhabari menjelaska­n, pelayanan di RW bertujuan untuk membantu warga. Mereka tidak perlu repot datang ke kecamatan untuk mengurus KK. Warga cukup mendatangi balai RW. ”Jadi, akta dan KK nanti bisa dicetak di balai,” katanya. Dia menjelaska­n bahwa upaya itu bisa mencegah masyarakat datang ke kelurahan atau kecamatan. Dengan demikian, penularan virus bisa diantisipa­si.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? JADI PERCONTOHA­N: Ketua RW 3, Ampel, Umar Al Askahabari menyiapkan perangkat untuk layanan RW terpadu.
EKO HENDRI/JAWA POS JADI PERCONTOHA­N: Ketua RW 3, Ampel, Umar Al Askahabari menyiapkan perangkat untuk layanan RW terpadu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia