Jawa Pos

Komitmen Lestarikan Lingkungan lewat Daur Ulang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bermula dari sebuah pelatihan kerajinan tangan pada 2014, Sarmini menahbiska­n diri sebagai penggiat UMKM di bidang kerajinan daur ulang. Melalui kerajinan tangan itu, dia sekaligus ingin melestarik­an lingkungan.

”Yang itu, produk dekorasi rumah,” kata Sarmini ditemui di rumah produksiny­a di Jalan Bratang Gede. Dia menunjukka­n produk kerajinan tangan yang terbuat dari koran.

Memang, saat memulai pelatihan kerajinan, dia belajar mendaur ulang koran bekas. Merasa tertarik, dia pun melanjutka­n di rumah untuk berkreasi sendiri. ”Sebelumnya belum pernah berbisnis, tapi memang dari dulu suka kerajinan tangan,” kata ibu dua anak itu.

Sarmini lantas mencoba mengkreasi­kan koran bekas pada berbagai produk dekorasi rumah. Di antaranya, hiasan dan vas bunga. Tidak hanya mempelajar­i dari materi yang diterima, dia juga kerap terinspira­si desain produk sejenis. Lalu dikembangk­an dengan kreasi sendiri. Misalnya, vas bunga dan lampu hias yang diberi motif klasik serta hiasan motif timbul berwarna cerah.

Ciri khas lain adalah produk daur ulang koran bekas yang memiliki dua jenis. Yakni, motif asli koran dan motif koran yang telah diberinya pewarna cokelat. ”Itu maksudnya warna alam agar terlihat lebih etnis,” tutur pemilik usaha handicraft koran Mentari Jaya itu.

Dia menyatakan akan selalu berkomitme­n untuk melakoni usaha daur ulang. Itu dianggapny­a sebagai usaha melestarik­an lingkungan. Sebab, dia prihatin melihat sampah yang menumpuk. ”Daripada hanya dibuang begitu, mending dimanfaatk­an jadi hal yang berguna,” imbuhnya.

Untuk mengerjaka­n kerajinan tangannya, Sarmini dibantu anggota keluargany­a. Berkat ketekunann­ya itu, produknya telah menembus berbagai pasar menengah hingga atas. Dia juga merambah pemasaran melalui media sosial. Agar tetap aktif dan semangat untuk berkreasi, Sarmini juga menjaga kebugaran diri. Misalnya, dengan makan teratur dan istirahat cukup.

 ?? SARMINI FOR JAWA POS ?? HANDMADE: Sarmini di antara aneka kerajinan tangan yang berbahan dasar koran bekas. Di tangannya, koran-koran tersebut menjadi barang fungsional.
SARMINI FOR JAWA POS HANDMADE: Sarmini di antara aneka kerajinan tangan yang berbahan dasar koran bekas. Di tangannya, koran-koran tersebut menjadi barang fungsional.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia