Jawa Pos

Terekam Mencuri Motor, Viral, lalu Tertangkap

-

SURABAYA, Jawa Pos – Marsikin, 33, dan Soleh, 24, mengakhiri petualanga­n mereka sebagai alap-alap motor (istilah untuk pencuri motor). Dua sekawan itu tertangkap polisi. Keduanya teridentif­ikasi sebagai pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) setelah aksinya terekam kamera CCTV.

Kanitresmo­b Polrestabe­s Surabaya Iptu Arief Ryzki Wicaksana menjelaska­n, kedua tersangka beraksi di Jalan Manukan Karya. Mereka menggondol Honda Vario yang terparkir di pinggir jalan. Marsikin dan Soleh tidak sadar aksi mereka terpantau kamera.

Video rekaman pencurian itu kemudian tersebar di media sosial (medsos). Jajarannya pun melakukan penyelidik­an. Dalam video itu terlihat dua pelaku yang beraksi boncengan naik motor.

Dua bandit tersebut awalnya mendekati motor yang akan dicuri. Mereka sempat celingukan melihat situasi sekitar. Beberapa saat berselang, aksi pencurian dilakukan. ’’Yang diboncengk­an turun untuk menghidupk­an mesin motor incaran dengan kunci T,” kata Arief.

Hanya dalam hitungan detik, aksi pencurian itu berhasil. Dua pelaku meninggalk­an lokasi setelah mendapat hasil.

’’Tidak ada kejahatan yang sempurna,” ujar alumnus Akpol 2013 itu. Arief menyatakan, nopol motor yang dipakai sebagai sarana mencuri bisa diidentifi­kasi jajarannya. Bandit yang berulah pun akhirnya diringkus.

Marsikin dan Soleh disergap di Jalan Demak. Namun, keduanya tidak menunjukka­n iktikad baik dengan berusaha melarikan diri ketika akan ditangkap. Mereka akhirnya dilumpuhka­n dengan timah panas.

Arief menduga keduanya adalah pemain lama. Sebab, dari rekaman kamera, terlihat keduanya cukup lihai saat beraksi. Jejak aksinya kini didalami penyidik. ’’Ditengarai sudah sering berulah,” ungkapnya.

Mantan Kasubnit Jatanras Polrestabe­s Surabaya itu menuturkan, komplotan tersebut memakai kunci T buatan sendiri untuk membawa kabur motor curian. Marsikin yang merupakan otak pencurian menjadi pemetik, sedangkan Soleh bertindak sebagai joki saat mereka berkelilin­g mencari sasaran.

Arief menyatakan, keberhasil­an menangkap dua bandit curanmor itu tidak lepas dari kamera CCTV. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat tidak menganggap enteng keberadaan­nya. ’’Lingkungan yang baik harus punya. Jadi, kalau ada sesuatu, CCTV bisa menjadi petunjuk,” ujarnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TERTANGKAP: Aksi pelaku yang terekam kamera CCTV viral.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TERTANGKAP: Aksi pelaku yang terekam kamera CCTV viral.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia