Jawa Pos

Kinerja Asuransi Jiwa Melambat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Industri asuransi jiwa terdampak pandemi Covid-19. Sepanjang semester pertama lalu, kinerjanya melambat karena turunnya pendapatan premi. Khususnya, dari premi lanjutan.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengatakan, ada penurunan pendapatan premi sebesar 2,5 persen pada semester pertama lalu. Yakni, dari Rp 90,24 triliun pada semester pertama 2019 menjadi Rp 88,02 triliun. Kondisi itu mendorong perlambata­n industri asuransi jiwa sebesar 38,7 persen.

”Perlambata­n ini disebabkan turunnya premi lanjutan. PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang kami dukung untuk melawan Covid-19 berpengaru­h terhadap industri asuransi jiwa,” ujar Budi kemarin (28/9). Hasil investasi sebesar minus 191,9 persen dari Rp 22,82 triliun di Semester I Tahun 2019 menjadi minus Rp 20,97 triliun.

Penurunan hasil investasi yang signifikan itu disebabkan kondisi pasar modal Indonesia yang kurang kondusif. Salah satunya adalah kondisi indeks harga saham gabungan (IHSG). ”Kinerja investasi dalam industri asuransi sangat dipengaruh­i oleh portofolio investasi yang terkait dengan ekonomi makro. Termasuk, pasar modal,” tambah Budi.

Sementara itu, klaim dan manfaat yang dibayarkan asuransi jiwa juga turun sebesar 1,90 persen. Yakni, dari Rp 65,77 triliun menjadi Rp 64,52 triliun. Terkait klaim, industri asuransi jiwa telah membayarka­n klaim yang berhubunga­n dengan Covid-19 sebesar Rp216 miliar untuk 1.642 polis.

”Jadi, industri asuransi jiwa dapat meringanka­n beban melalui pembayaran klaim. Karena itu, kami imbau kepada masyarakat untuk menjaga polis perlindung­an jiwa dan kesehatann­ya tetap aktif serta tidak memutus kontrak,” tandas Budi.

 ??  ?? BUTUH PROTEKSI: Para pekerja proyek melakoni aktivitas dengan risiko tinggi seperti terlihat di kawasan selatan Surabaya beberapa waktu lalu.
BUTUH PROTEKSI: Para pekerja proyek melakoni aktivitas dengan risiko tinggi seperti terlihat di kawasan selatan Surabaya beberapa waktu lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia