Jawa Pos

Obati Rindu dengan Rindu Ini

-

JAKARTA, Jawa Pos - Ada satu lagu baru milik almarhum penyanyi Chrismansy­ah Rahadi alias Chrisye yang belum sekali pun dirilis. Lagu itu tersimpan di arsip penyimpana­n labelnya, Musica Studio’s. Judulnya adalah Rindu Ini. Diciptakan Tito Soemarsono dan Cecep serta diaranseme­n Dwiki Dharmawan pada 1992.

Rindu Ini tak kunjung diluncurka­n begitu selesai dibuat 28 tahun lalu. Bahkan, saat Chrisye merilis album Sendiri Lagi pada 1993, Rindu Ini tak masuk track list. ”Kami saat itu berencana supaya lagu ini dimasukkan ke album lain. Eh, ternyata benar-benar kesimpan lama,” ujar Indrawati Widjaja alias Acin, perwakilan Musica Studio’s, dalam jumpa pers virtual kemarin petang (28/9).

Musica Studio’s lalu mengeluark­an Rindu Ini. Didengarka­n ke publik kali pertama pada 25 September. Acin mengungkap­kan bahwa penemuan lagu tersebut tak sengaja. Saat itu dia dan timnya tengah menyortir arsip rekaman fisik untuk dialihwaha­nakan menjadi digital. ”Ketemu lagu ini. Setelah saya beri tahu pihak keluarga, mereka setuju untuk dirilis,” tambah Acin.

Rindu Ini memiliki jenis musik yang begitu sering didengar dalam lagu-lagu mellow Chrisye era 80–90an. Dentingan keyboard dan efek synthesize­r mengingatk­an pada lagu Kisah Cintaku yang dirilis pada 1988. Pendengar diajak kembali ke masa tersebut. Itu juga mengobati kerinduan mereka yang sudah lama tak mendengar rilisan terbaru pelantun Badai Pasti Berlalu itu.

Tito dan Dwiki sebagai sosok di balik Rindu Ini awalnya sempat lupa kalau mereka turut memproduks­i Rindu Ini. Maklum, lagu tersebut sudah 28 tahun tak tersentuh dan nyaris terlupakan. ”Pas saya dengar lagi dari Bu Acin, baru saya ingat kalau saya pernah bikin lagu itu,” kata Tito, lantas tertawa.

Pasha Chrismansy­ah, putra Chrisye, terharu mendengar lagu itu. Apalagi, momen perilisann­ya tak jauh dari ulang tahun sang ayah pada 16 September lalu. ”Lagunya dalam banget, jadi obat rindu juga buat kami pas di bulan kelahirann­ya,” ujar Pasha yang pada Februari lalu juga ditinggal wafat ibunya, Damayanti Noor.

 ?? MUSICA STUDIO’S ??
MUSICA STUDIO’S

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia