Jawa Pos

Rampungkan Syuting Avatar 2

James Cameron Sebut Avatar 3 Kurang 5 Persen

-

NEW ZEALAND, Jawa Pos – Pandemi Covid-19 menjadi hantaman keras bagi industri perfilman Hollywood. Meski begitu, James Cameron berhasil melaluinya. Dia menyebut syuting film Avatar 2 telah komplet. Hal itu diungkapka­n dalam konferensi video Austrian World Summit 2020.

Bahkan, bukan hanya Avatar 2. Sekuel ketiga film itu juga hampir selesai. ’’Kami 100 persen komplet untuk Avatar 2 dan 95 persen untuk

Avatar 3,’’ kata Cameron dalam video call dengan Arnold Schwarzene­gger.

Kini, sutradara asal Kanada tersebut berada di New Zealand, lokasi syuting Avatar 2 dan

Avatar 3, untuk menyelesai­kan produksi yang tersisa. Cameron mengakui, pandemi Covid19 menjadi halangan yang cukup berat bagi dirinya dan seluruh filmmaker.

Akibat pandemi, mereka terpaksa membuang waktu produksi sekitar empat setengah bulan. Alhasil, Avatar 2 harus dirilis pada 16 Desember 2022. ’’Itu sudah diumumkan. Sekarang bukan berarti aku memiliki tahun ekstra untuk menyelesai­kan film ini. Sebab, pada hari kami menyelesai­kan Avatar 2, kami akan mulai mengerjaka­n Avatar 3,’’ jelas Cameron.

Dia pun memuji New Zealand yang dinilai memiliki manajemen yang baik dalam menangani pandemi. ’’Kami beruntung memilih ini sebagai lokasi produksi beberapa tahun lalu. Kami membuat film pertama di New Zealand, dan ternyata itu menjadi ranking pertama atau kedua terbaik dalam menangani Covid-19,’’ ujarnya.

Dia menambahka­n, New Zealand terbebas dari Covid-19 sejak Juni. Meskipun Agustus lalu ada kasus baru di Auckland yang meningkatk­an kewaspadaa­n setempat. Sementara itu, proses syuting Avatar 2 dan

Avatar 3 terhenti Maret lalu. Cameron dan Jon Landau selaku produser lantas kembali ke New Zealand pada Juni. Mereka mendapat dispensasi untuk memasuki negara itu bersama 55 kru guna melanjutka­n syuting.

’’Kami bisa beroperasi. Kami dapat mengambil gambar dan memiliki kehidupan yang kurang lebih normal di sini. Kami sangat beruntung.

Jadi, aku tidak melihat hambatan apa pun untuk merampungk­an syuting dan menyelesai­kan kedua film,’’ ungkap Cameron. Avatar 2 kembali dibintangi Sam Worthingto­n sebagai Jake Sully dan Zoe Saldana sebagai Neytiri. Selain itu, masih ada Giovanni Ribisi sebagai Parker Selfridge dan Sigourney Weaver sebagai Dr Grace Augustine. Cameron enggan berbicara soal plot. Dia menutupnya rapat-rapat. ’’Saya tidak bisa mengatakan apa pun tentang ceritanya. Saya percaya pada misteri dan pengungkap­an yang besar,’’ ucapnya kepada Schwarzene­gger.

Sementara Avatar 2 siap dirilis dua tahun lagi, Avatar 3 dijadwalka­n rilis pada 20 Desember 2024. Banyak yang menanti sekuel Avatar. Film pertamanya menjadi pemuncak film berpendapa­tan terbesar sepanjang sejarah dalam satu dekade sejak rilis pada 2009. Barulah tahun lalu takhta itu harus diberikan pada Avengers: Endgame. Avatar berada di posisi kedua.

 ?? LIGHTSTORM ENTERTAINM­ENT ??
LIGHTSTORM ENTERTAINM­ENT
 ?? N T M E N
L I G H T A I
T S T O R M E N T E R ?? JAMES CAMERON
N T M E N L I G H T A I T S T O R M E N T E R JAMES CAMERON

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia