Jawa Pos

Pemetaan Ulang 2 Juta Bidang Tanah di Jatim

Target Tuntas 2025

-

SURABAYA, Jawa Pos - Berbagai proyek strategis segera digulirkan di wilayah Jatim. Namun, ada sejumlah kendala yang berpotensi menjadi penghambat. Salah satunya, soal status tanah.

Indikasiny­a, ternyata cukup banyak tanah di wilayah Jatim yang statusnya belum diketahui. Selain itu, ditemukan ada perbedaan data status tanah antara pusat dan daerah. Akibatnya, sejumlah proyek besar sempat tersendat.

Problem itu mulai mendapat solusi. Pemerintah pusat meluncurka­n program yang bertajuk Trijuang Reforma Agraria. Yakni, sebuah program penyempurn­aan status seluruh bidang tanah secara menyeluruh.

Jatim telah dipilih untuk menjadi pilot

project. Saat ini program tersebut mulai digulirkan. Sesuai dengan rencana, lebih dari 2 juta bidang tanah di Jatim bakal menjalani pemetaan ulang.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaska­n, program itu sudah disepakati. ”Program tersebut melibatkan pemerintah daerah, pemerintah desa, dan kantor pertanahan,” katanya kemarin.

Nanti program tersebut digulirkan di 8.501 desa/kelurahan di 38 kabupaten/kota di Jatim. ”Ditargetka­n, pemetaan seluruh bidang itu selesai pada 2025. Jumlah yang dipetakan lebih dari 2 juta bidang tanah,” katanya.

Program itu nanti bersifat menyeluruh. Bukan hanya pada bidang tanah yang sudah dimiliki warga, melainkan juga lahan-lahan yang dikelola institusi pemerintah, terutama tanah-tanah yang belum difungsika­n.

Khofifah memastikan pemprov mendukung program tersebut. Sebagai pilot project, pihaknya juga bakal mengalokas­ikan anggaran pada 2021. ”Pemetaan bidang akan dimasukkan pada pembahasan RAPBD 2021. Anggaran itu untuk mendukung pelaksanaa­n tim di lapangan,” katanya.

Sejumlah kepala daerah membenarka­n bahwa persoalan status tanah di wilayahnya masih cukup banyak.

Misalnya, yang diungkapka­n Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Dia menyebutka­n, jumlah tanah yang belum memiliki legalitas sangat banyak. Di wilayahnya, diperkirak­an lebih dari 2 ribu bidang.

 ?? GRAFIS: ADIT/JAWA POS ??
GRAFIS: ADIT/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia