Jawa Pos

Antisipasi Potensi Tsunami di Perairan Pantai Selatan

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Sebuah hasil riset menyebutka­n bahwa sepanjang daerah di pantai selatan Pulau Jawa berpotensi mengalami tsunami besar. Di wilayah Jatim, ketinggian­nya diprediksi bisa mencapai 12 meter.

Hasil riset tersebut mendapat atensi dari pemangku kebijakan di daerah-daerah pesisir di Jatim. Sejumlah antisipasi juga mulai dilakukan.

Di Banyu wangi, badan penanggula­ngan bencana daerah( BPBD) setempat segera memasang tiga early warning system (EWS) atau alat pen deteksi dini tsunami di pantai selatan wilayah kabupaten tersebut.

Kabid Kedarurata­n dan Logistik BPBD Eka Muharram mengatakan, EWS akan dipasang di tiga titik, yakni perairan Pantai

Lampon, Desa/Kecamatan Pesanggara­n; Pantai Rajegwesi, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggara­n; dan Pantai Grajagan, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo. ’’Alat tersebut segera kami pasang di titik yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Sebenarnya Banyuwangi telah memiliki sembilan unit EWS bantuan dari BPBD Jatim. Tapi, dari jumlah itu, tujuh unit rusak. Yang berfungsi hanya ada di Pantai Pancer dan Pelabuhan Ikan Muncar.

Eka meminta kepada masyarakat tidak panik terkait dengan hasil riset tsunami setinggi 12 meter yang diperkirak­an terjadi di sepanjang pantai selatan Jatim. ”Masyarakat tetap harus waspada. Tapi, tidak perlu panik terhadap hasil riset. Itu penelitian dan prediksiny­a belum tahu kapan terjadi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar Achmad Cholik mengatakan, bakal ada pertemuan dengan pihak BMKG untuk membahas hal tersebut. ”Tentunya, semua antisipasi patut dilakukan,” ujarnya.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Malang Musripan tidak menampik potensi tersebut. Sudah lama perairan selatan Jawa menyimpan potensi bencana alam. ’’Memang kalau bencana tsunami selalu disampaika­n,’’ tandasnya.

Menurut dia, selatan pulau Jawa masih menjadi perhatian serius BMKG, terutama wilayah pesisir pantai.

 ?? KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? TETAP SELALU WASPADA: Nelayan di sekitar perairan Tanjung Sembulunga­n, Kecamatan Muncar, tetap beraktivit­as seperti biasa dan selalu waspada terhadap potensi tsunami.
KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR BANYUWANGI TETAP SELALU WASPADA: Nelayan di sekitar perairan Tanjung Sembulunga­n, Kecamatan Muncar, tetap beraktivit­as seperti biasa dan selalu waspada terhadap potensi tsunami.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia