Jawa Pos

Eri Akan Wujudkan Surabaya Lebih Keren

-

PERTUMBUHA­N ekonomi menjadi fokus garapan calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi. Mantan kepala Bappeko Surabaya itu ingin kesejahter­aan warga Kota Pahlawan terus meningkat. Salah satu caranya memberdaya­kan UMKM.

Kemarin (28/9) Eri bertemu dengan 35 pengusaha milenial yang bergerak di bidang usaha katering, pakaian, hingga aksesori. Bertempat di Kafe Djagongan, Gayungan, pria 43 tahun itu memberikan motivasi kepada para pengusaha tersebut.

Menurut Eri, sejak era kepemimpin­an BambangD.H.hinggaTriR­ismaharini,Surabaya semakin maju. Hal itu terlihat dari geliat pembanguna­ninfrastru­kturhingga­penataan kota. Saat ini ada satu yang menjadi visi Eri untuk Surabaya ke depan. Yaitu, menjadikan Surabaya lebih keren. ”Keren itu ketika semua pemudanya ikut ambil bagian membuka lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Eri menjelaska­n, salah satu penopang perekonomi­an Surabaya adalah UMKM. Ketika pengusaha kecil mendapatka­n keleluasaa­n bergerak, perekonomi­an semakin lancar. Sebagai calon pemimpin Surabaya, Eri berjanji ketika terpilih, kesejahter­aan pengusaha UMKM semakin meningkat. ”UMKM dilibatkan. Misalnya ketika ada tamu, mulai dari makanan disediakan dari UMKM,” jelasnya.

Menurut Eri, UMKM perlu mendapatka­n pembinaan yang serius. Misalnya, dalam pemasaran dan packaging. Dia mencontohk­an, dulu ada UMKM yang bergerak di bidang makanan dengan membuat jajanan peyek. Rasanya enak. Namun, kemasan tidak menjual. Pemkot memberikan bantuan kemasan. ”Sekarang omzetnya besar.”

Sementara itu, Iko Sukma Andri Adianto, founder UKM Mendunia, menuturkan bahwa pengusaha kecil sejatinya memiliki peluang sukses. Terutama bila mengetahui ilmu pemasaran.

Dia mengatakan, UMKM Surabaya berpotensi menguasai pasar dunia. Caranya adalah dengan memanfaatk­an teknologi. ”Pantau negara yang membutuhka­n. Jangan sungkan mengirim ke luar negeri,” tegasnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? DIALOG POLITIK: Calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi berbicara di depan pengusaha UMKM di Kafe Djagongan, Gayungan, kemarin (28/9).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS DIALOG POLITIK: Calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi berbicara di depan pengusaha UMKM di Kafe Djagongan, Gayungan, kemarin (28/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia