Jawa Pos

Latihan Ultra Run dengan Utamakan Protokol Kesehatan

Tempuh 100 Km dari AlunAlun Batu sampai Surabaya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi tidak menghalang­i aktivitas fisik terus terlaksana. Ungkapan itu sesuai untuk Komunitas Runnersman­ia Surabaya. Komunitas yang beranggota runner atau pelari itu tetap semangat berlatih. Pada Sabtu (26/9) sampai Minggu lalu (27/9) mereka mengagenda­kan latihan lari jarak jauh alias ultra running. Rutenya mencapai 100 kilometer dari Kota Batu hingga Kota Surabaya.

Agenda itu diikuti 12 di antara 50 anggota Runnersman­ia. Mereka mulai berlari Sabtu pukul 17.00 dengan titik start Alun-Alun Kota Batu. Sepanjang jalan itu, ada tujuh titik water station. Yakni, Km 10, Km 25, Km 35, Km 50, Km 60, Km 80, dan Km 90. Sepuluh di antara 12 pelari yang ikut berhasil menyelesai­kannya dan finis di gedung Graha Pena, Jalan Ahmad Yani 88, Surabaya. Mereka masuk titik finis pada Minggu pukul 08.00 hingga 09.00. Selama mengikuti latihan itu, mereka berkomitme­n untuk mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, menjaga jarak, menjaga kebersihan, mengecek suhu tubuh, dan menyiapkan masker selama berlari. Saat ada yang merasa capek, mereka saling mengingatk­an untuk berhenti sejenak. Tujuannya, menghindar­i dehidrasi selama berlari. Agenda tersebut merupakan latihan ultra running pertama mereka. Selain pelari ultra, sebagian yang ikut merupakan pelari fun run. Sebelumnya, mereka hanya mengadakan latihan rutin di Surabaya. Seluruh rute tersebut ditempuh lewat jalur bawah. Sebab, mereka ingin merasakan langsung pemandanga­n saat menempuh rute Batu–Surabaya.

’’Itu sekaligus bentuk liburan bagi kami,” ujar Ketua Komunitas Runnersman­ia Yohanes Wijaya. Pria yang akrab disapa Jojo itu mengatakan bahwa para anggota yang ikut merasa senang. Sebab, sudah lama mereka absen latihan ultra running. Terlebih, banyak agenda lari yang ditunda dan dibatalkan karena pandemi.

Mereka berencana mengadakan latihan serupa dua bulan mendatang. Dalam waktu dekat, mereka tetap berlatih secara rutin. Tidak hanya latihan, mereka juga biasa menjaga kekompakan dan kekeluarga­an dengan liburan bersama.

 ?? RUNNERSMAN­IAFOR JAWA POS ?? RUNNERS: Para anggota Runnersman­ia sukses menyelesai­kan latihan ultra perdana mereka.
RUNNERSMAN­IAFOR JAWA POS RUNNERS: Para anggota Runnersman­ia sukses menyelesai­kan latihan ultra perdana mereka.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia