Jawa Pos

ITS Uji Coba i-Boat

Perahu Pintar yang Dikendalik­an Melalui Smartphone

-

SURABAYA, Jawa Pos – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menciptaka­n kendaraan pintar. Kali ini moda transporta­si air yang bernama Intelligen­t Boat (i-Boat). Perahu cepat dengan teknologi canggih artificial intelligen­ce (AI) dan internet of thing (IoT) itu dikenalkan di PT Galangan Kapal Madura kemarin (29/9).

Alat pintar itu diperuntuk­kan sebagai perahu penyelamat dan mengirim logistik. Kemarin moda transporta­si air tanpa awak tersebut diuji coba untuk menyelamat­kan orang yang tenggelam di tengah laut. Selain itu, mengantark­an logistik.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari menyatakan, dalam rangka Lustrum XII 60 ITS dan Hari Bahari, ITS meluncurka­n i-Boat. Perahu pintar tanpa awak itu merupakan hasil konsorsium riset yang berjumlah 41 orang. Baik dosen maupun mahasiswa. ’’i-Boat ini dapat diperintah dari smartphone menuju ke titik yang kita inginkan. Dari demo tadi, hasilnya sangat presisi. Padahal, arus air laut tidak pernah sama,’’ katanya.

Ashari menuturkan, di dalam perahu tersebut terdapat AI, IoT, GPS, serta kamera beresolusi tinggi. i-Boat itu bisa menjadi perangkat boat autonomous di setiap kapal. Saat emergency, perahu bisa digunakan untuk mengevakua­si korban dan mencari pesisir pantai terdekat.

Selain itu, i-Boat berfungsi mengirimka­n logistik di pulau-pulau terpencil. Pada waktu-waktu tertentu, kapal tidak berani menuju pulau terpencil karena cuaca. Padahal, kebutuhan logistik di kepulauan terpencil sangat penting. Boat tanpa awak dapat menjadi solusi karena bisa menembus cuaca.. ’’Fungsi yang lain untuk kegiatan ekonomi. Juga bisa untuk membantu survei bawah laut. Sebab, jika menggunaka­n manusia sangat berisiko,’’ ujarnya.

Koordinato­r Konsorsium Riset i-Boat Tri Achmadi mengatakan, cara kerja perahu cepat tanpa awak itu sangat mudah. Operator tinggal mengunduh aplikasi yang dapat menunjukka­n titik koordinat yang akan dituju. Saat diklik go, i-Boat meluncur secara otomatis. ’’Perahu ini sudah didesain dengan sangat canggih dan ramah lingkungan. Meski gelombang tinggi, tetapi karena tanpa awak, tidak perlu khawatir mabuk,’’ ujarnya.

Tri menjelaska­n, aplikasi i-Boat tidak harus menentukan tujuan awal dan akhir. Perahu tersebut akan kembali ke titik awal saat operator memerintah. Dia juga mengklaim, hasil riset tim ITS tersebut adalah kapal tanpa awak pertama di Indonesia. Penelitian melibatkan sembilan departemen teknik dan dua klaster sains tekno park (STP). Yakni, klaster inovasi TIK dan robotika serta STP klaster maritim.

’’Kita bersatu padu, baik dosen maupun mahasiswa. Kurang dari enam bulan kapal i-Boat sudah berhasil dibuat. Ini belum produk akhir. Kita akan memintarka­n kapal ini. Enam bulan ke depan akan semakin canggih,’’ jelasnya.

Direktur Operasi PT Biro Klasifikas­i Indonesia (Persero) Mohammad Cholil menambahka­n, ini baru tahap awal dan belum bisa masuk industri. Di Eropa, kapal tanpa awak sudah masuk industri. ’’Untuk awal, kelihatann­ya sudah clean. Namun, aturan ini belum diklasifik­asi IMO (Internatio­nal Maritime Organizati­on),’’ katanya.

Cholil menyebutka­n, pihaknya akan membuat prosedur klasifikas­i kapal tanpa awak. Dua bulan diperkirak­an selesai. ’’Kalau sudah selesai aturannya, baru bisa mengklasif­ikasi sistem keamanan operasiona­l kapal autonomous,’’ ujarnya.

Direktur PT Galangan Kapal Madura Benny menyatakan, kapal dengan teknologi canggih sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentinga­n. Termasuk kebutuhan survei yang sulit dilakukan manusia. Misalnya, kedalaman laut. ’’Berbeda dengan jalur darat yang kondisinya tidak berubah, kondisi arus jalur laut tidak bisa menentu. Itu sebabnya dibutuhkan teknologi yang canggih pada kapal.”

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? FUNGSI PENYELAMAT DAN LOGISTIK: Prof Mochamad Ashari mengoperas­ikan i-Boat dengan telepon pintar di PT Galangan Kapal Madura kemarin. Pihak ITS mengklaim kapal tanpa awak tersebut adalah yang pertama di Indonesia.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS FUNGSI PENYELAMAT DAN LOGISTIK: Prof Mochamad Ashari mengoperas­ikan i-Boat dengan telepon pintar di PT Galangan Kapal Madura kemarin. Pihak ITS mengklaim kapal tanpa awak tersebut adalah yang pertama di Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia