Jawa Pos

Sasar Anak Muda yang Nongkrong di Warung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Razia protokol kesehatan (prokes) terus digencarka­n kepolisian. Polsek Tambaksari menyasar anak-anak muda yang nongkrong di warung kopi (warkop) atau kafe. Jenis pelanggara­n mereka adalah tidak memakai masker hingga tidak menjaga jarak.

Kapolsek Tambaksari AKP Akay Fahli menyebutka­n, ada 20 warung yang diperiksa petugas dalam sepekan lalu. ”Mayoritas dari mereka pemuda. Ada pula anak-anak yang nongkrong untuk main wifi,” ujar perwira dengan satu melati di pundak tersebut.

Area penyisiran beragam. Paling banyak di Kelurahan Gading, Kapas Madya, hingga Rangkah. Para pengunjung sering tidak menghirauk­an aturan physical distancing. Ada juga yang tidak membawa dan tidak memakai masker. ”Alasannya macammacam. Mulai lupa hingga tidak nyaman,” katanya.

Akay menegaskan, pengawasan penerapan prokes di wilayah Tambaksari memang digencarka­n setiap hari. Selain mengganden­g pihak kecamatan, kepolisian berkolabor­asi dengan Koramil Tambaksari. ”Kami gencarkan operasi di beberapa tempat secara bersamaan,” tegasnya.

Pelaksanaa­n razia juga tidak mengenal waktu. Razia bisa dilakukan pada pagi, siang, atau malam hari. ”Paling sering kami fokuskan pada malam hari. Sekalian razia jam malam warung kopi atau kafe yang beroperasi,” jelasnya.

Sejauh ini minimnya kesadaran masyarakat untuk menaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah menjadi problem serius. Banyak orang yang menganggap sepele persebaran Covid-19. ”Di sini pentingnya edukasi. Terutama ke anak muda yang tengah mengalami pembentuka­n karakter,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia