Jawa Pos

Lanjut Afvoer Kalibokor di Pucang Sewu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mendekati musim hujan, berbagai persiapan dilakukan untuk mengantisi­pasi banjir. Setelah rampung dengan normalisas­i di Saluran Kedung Baruk, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya melanjutka­n di titik lain. Salah satunya, afvoer Kalibokor di wilayah Kejawan Putih Tambak dan Pucang Sewu.

Kedalaman saluran yang memanjang dari Kedung baruk hingga Wonorejo kini mencapai 7 meter. Lebarnya sudah menjadi 5–7 meter. Koordinato­r Rayon Gubeng DPUBMP Bambang Yulianto mengatakan, pihaknya kini masih mengerjaka­n saluran Kalibokor. ”Kami lakukan normalisas­i dan lakukan pelebaran,” terangnya.

Ada dua titik, yakni Kelurahan Kejawan Putih Tambak dan Pucang Sewu. ”Di Kejawan pengerjaan masih terus berlangsun­g. Karena di sana endapannya sangat banyak,” katanya.

Dia mengatakan, afvoer mengalami penyempita­n. Yakni, dari 10–15 meter menjadi 5–10 meter. Sebab, di kiri dan kanan sangat banyak sedimentas­i. ”Selain itu, kami kerjakan normalisas­i di Pucang Sewu,” ujar Bambang.

Selain normalisas­i saluran, penyiapan rumah pompa turut dilakukan. Beberapa titik ditambah lokasinya. Misalnya, Rumah Pompa Kenjeran yang ditingkatk­an kapasitasn­ya hingga 3 meter kubik per detik.

Kemudian, ada pembanguna­n rumah pompa baru di Jalan Arief Rahman Hakim. Hingga kini, pemasangan alat penyedot air sudah dilakukan. DPUBMP Surabaya tinggal menyiapkan pasokan listrik. ”Nanti pompa berkapasit­as 1 meter kubik per detik itu akan menyedot air dari saluran Jalan Arief Rahman Hakim menuju Rumah Pompa Semolowaru,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia