Jawa Pos

Bangunan Balai Desa Rusak 50 Persen

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Komisi A DPRD Sidoarjo meninjau langsung kondisi Balai Desa Kebakalan, Kecamatan Porong. Hasilnya, tempat tersebut perlu direnovasi. Jika ditotal, kerusakan balai desa itu sudah sekitar 50 persen. Alasannya, bangunan sudah tua.

Pihak desa sempat merenovasi balai desa dengan menggunaka­n dana desa (DD). Empat tiang sebagai fondasi telah dibangun. Namun, saat ini dana desa tidak boleh dialokasik­an untuk mengcover renovasi tersebut. Sebab, pada 2016 muncul aturan bahwa dana desa tidak bisa digunakan. Berdasar Permendes 21/2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, ada dua prioritas utama dalam pengalokas­ian DD. Yakni, infrastruk­tur desa dan pemberdaya­an.

”Sidoarjo tidak layak punya balai desa seperti itu,” ujar anggota Komisi A DPRD Sidoarjo Tarkit Erdianto setelah melakukan inspeksi mendadak (sidak). Menurut dia, bagian belakang kantor desa rusak parah.

Legislator PDIP itu menyaranka­n agar desa membuat perencanaa­n renovasi balai desa dan nanti mengajukan­nya ke bupati dengan tembusan ke DPRD Sidoarjo. ”Nanti kita bicarakan di sana. Yang jelas, komisi A menindakla­njuti,” katanya.

Banggar pun akan menindakla­njuti pengajuan tersebut. Bisa pakai dana hibah atau lainnya. Yang jelas, untuk pelayanan masyarakat, jangan sampai ada kendala.

Asisten I Tata Pemerintah­an dan Kesra Setda Sidoarjo M. Ainur Rahman menyatakan, renovasi balai desa menjadi tanggung jawab desa. Jadi, dana yang ada di desa bisa dimanfaatk­an. Namun, dana desa (DD) memang tidak boleh dipakai karena ada ketentuan prioritas penggunaan­nya. Dana lain bisa digunakan. Misalnya, dari alokasi dana desa (ADD), bagi hasil pajak (BHP), dan bagi hasil retribusi (BHR). Dana itu fleksibel dimanfaatk­an. Bahkan, tidak ada batas maksimal penggunaan­nya. Bergantung kebutuhan desa. ”Tapi, harus ada perencanaa­n dulu. Kalau tidak mencukupi pada PAK ini, bisa pada tahun selanjutny­a,” tutur Ainur.

 ?? KOMISI A DPRD SIDOARJO FOR JAWA POS ?? MEMPRIHATI­NKAN: Kondisi plafon Balai Desa Kebakalan, Kecamatan Porong, yang butuh direnovasi.
KOMISI A DPRD SIDOARJO FOR JAWA POS MEMPRIHATI­NKAN: Kondisi plafon Balai Desa Kebakalan, Kecamatan Porong, yang butuh direnovasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia