Jawa Pos

Biasakan Langkah 3M di Keluarga

-

PEMERINTAH mengambil langkah tegas untuk mencegah persebaran Covid-19 di lingkungan sosial terkecil, yakni keluarga. Untuk itu, Menteri Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga akan berkoordin­asi dengan Satgas Penanganan Covid-19 membuat protokol kesehatan keluarga.

”Harapan kami, protokol kesehatan keluarga ini juga dapat diterapkan. Bila ada anggota keluarga yang terinfeksi, langkah-langkah apa yang harus dilakukan,” ujarnya.

Untuk saat ini, agar terhindar dari infeksi Covid-19 di dalam dan di luar rumah, dia meminta keluarga-keluarga di Indonesia untuk menerapkan secara ketat 3M. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Hal itu bertujuan untuk menekan peningkata­n jumlah klaster keluarga.

”Masyarakat sebaiknya menghindar­i sementara kegiatan yang melibatkan kehadiran seluruh anggota keluarga besar. Baik silaturahm­i maupun acara hajatan sebaiknya dilakukan secara daring saja,” ujarnya.

Pasalnya, September ini kasus Covid-19 menunjukka­n tren yang meningkat dalam klaster keluarga. Dia mengaku mendapat arahan dari Presiden Jokowi untuk melakukan sosialisas­i secara masif kepada para keluarga, terutama perempuan dan anak di seluruh Indonesia.

Berkaitan dengan klaster keluarga, disiplin mematuhi protokol kesehatan yang ketat adalah kunci untuk menekan persebaran­nya. Disiplin itu, kata Bintang, tidak hanya pada saat keluar rumah. Tetapi, juga saat berinterak­si di dalam rumah.

”Perempuan sebagai manajer rumah tangga harus selalu mengingatk­an keluargany­a. Walaupun di dalam rumah, tetap memakai masker. Apalagi di dalam rumah tersebut ada kelompok rentan, balita (bawah lima tahun), dan lansia (lanjut usia),” imbuhnya.

 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? BUTUH PERAN IBU: Pemerintah meminta masyarakat menerapkan secara ketat 3M di keluarga untuk menekan persebaran Covid-19.
SALMAN TOYIBI/JAWA POS BUTUH PERAN IBU: Pemerintah meminta masyarakat menerapkan secara ketat 3M di keluarga untuk menekan persebaran Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia