Jawa Pos

Optimistis JLLB Selesai Tahun Depan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan jalur lingkar luar barat terus dikejar. Jalan tersebut akan menghubung­kan Gelora Bung Tomo, Terminal Teluk Lamong, hingga tol Surabaya−Gresik. Total panjang jalan itu mencapai 18 km.

Pengerjaan paralel dilakukan di beberapa titik. Di Sememi, sudah terbangun jalan layang. Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DBMP) Kota Surabaya Ganjar Siswo Pramono menyebutka­n, pihaknya sedang melakukan pembebasan lahan tambahan. ”Karena butuh lahan samping tambahan 10 meter. Jadi, proses pembebasan lahan lagi,” ucap Ganjar. Pengerjaan juga terjadi di Teluk Lamong dan CitraLand.

Flyover Teluk Lamong yang d iga dang-gada n g memiliki panjang 2,4 kilometer dibagi dalam dua tahap pengerjaan. Andrianto, pimpro flyover Teluk Lamong dari Pelindo III, menyebutka­n bahwa proses pengerjaan tahap I flyover Teluk Lamong sudah selesai. Pengerjaan tersebut selesai Agustus lalu. Selanjutny­a, tinggal pengujian beban bagi tahap pertama itu.

”Kami sekarang sedang persiapan tahap II. Tidak ada kendala. Jadi, bisa jalan terus,” ucap Andri. Pengerjaan tahap II flyover sepanjang 450 meter ditargetka­n selesai pada Juni 2021. Andri menyebutka­n, nanti titik tersebut tepat terhubung dengan interchang­e dari empat arah.

Saat ini, pengendara bermotor bisa menikmati sebagian JLLB di kawasan CitraLand. Jalan sepanjang 2,5 kilometer sudah dibangun mulus di sisi timur Jalan Alas Malang. Jalan tersebut dilengkapi empat lajur untuk masing-masing jalur. Ada dua lajur lagi untuk jalur lambat.

”Karena kami yang ketempatan, jadi kami yang garap,” jelas Associate Director Ciputra Group Hendra Lauw. Pihak CitraLand masih punya PR untuk mengerjaka­n jalan di kawasan Made.

Selain kawasan Made, pihaknya juga menunggu pelebaran jalan di kawasan Ciputra Golf−Menganti. ”Kita sudah bangun juga dari ujung Jalan Made hingga ke kawasan Ciputra Golf,” paparnya. Atau sepanjang 700 meter. Jalur tersebut juga dilengkapi empat lajur dan ada dua lajur lambat di sisinya. Karena itu, cukup aman bagi penghuni di kawasan tersebut.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? INFRASTRUK­TUR: Kondisi sebagian JLLB di kawasan CitraLand yang sudah terbangun.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS INFRASTRUK­TUR: Kondisi sebagian JLLB di kawasan CitraLand yang sudah terbangun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia