Jawa Pos

HP Dijambret saat Asyik Ngegame

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sujono dikejutkan tangisan anaknya. HP-nya dirampas dua orang saat asyik main game di teras rumah. Warga Menur Pumpungan tersebut spontan mengecek kamera CCTV. Benar saja, dua pengendara motor terekam menjambret ponsel anaknya yang sendirian.

Kejadian itu lantas dilaporkan kepada polisi. Unit Resmob Polrestabe­s Surabaya berhasil mengendus keberadaan kedua pelaku tiga hari berselang. Mereka teridentif­ikasi melalui motor yang dijadikan sarana menjambret.

Dua pelaku tinggal di wilayah yang sama. Mereka bertetangg­a. Awalnya, polisi menangkap Busron Fahrudin. Dari keterangan­nya, pelaku lain ikut tertangkap. Yakni, Mochammad Fahrul. ”Kami berikan tindakan tegas karena keduanya tidak menunjukka­n sikap yang kooperatif,” ujar Kanitresmo­b Polrestabe­s Surabaya Iptu Arief Ryzki Wicaksana kemarin (30/9). Fahrudin dan Fahrul disebut berusaha melarikan diri saat tempat tinggal mereka hendak digerebek.

Arief menjelaska­n, ponsel korban sempat terjual. Dua tersangka menjualnya seharga Rp 1 juta. Uangnya dibagi rata. Fahrudin dan Fahrul bukan bandit anyaran. Dalam penyidikan, dua pemuda yang masih berusia 20 tahun itu diketahui sudah beberapa kali berulah. Mereka mengaku telah delapan kali menjambret. ”Modusnya adalah mencari sasaran dengan berkelilin­g naik motor,” jelas Arief.

Lulusan Akpol 2013 itu menuturkan, keduanya tidak punya peran tetap saat melancarka­n aksinya. Mereka bergantian menjadi joki dan eksekutor. ”Hasil kejahatan dipakai minumminum,” ungkapnya.

Menurut Arief, duet penjambret tersebut termasuk nekat. Mereka tidak hanya menyasar pengendara motor di jalan, tetapi juga masyarakat di perkampung­an. ”Yang penting, ada kesempatan,” tandasnya.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? PEMAIN LAMA: Busron Fahrudin (kiri) dan M. Fahrul setelah dibekuk anggota Unit Jatanras Polrestabe­s Surabaya.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS PEMAIN LAMA: Busron Fahrudin (kiri) dan M. Fahrul setelah dibekuk anggota Unit Jatanras Polrestabe­s Surabaya.
 ?? POLRESTABE­S SURABAYA FOR JAWA POS ?? BUKTI: Aksi tersangka yang terekam kamera CCTV.
POLRESTABE­S SURABAYA FOR JAWA POS BUKTI: Aksi tersangka yang terekam kamera CCTV.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia