Jawa Pos

Terinspira­si Ilmu Sufi tentang Makna Kehidupan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebuah lukisan berukuran 120 x 210 sentimeter dengan rupa sekelompok ikan koi terlihat di galeri milik seniman Vidi R. Avin di Buduran, Sidoarjo. Ikan koi di lukisan tersebut tampak mengumpul dan menuju satu titik.

’’Itu karya terbaru, judulnya Jalan yang Lurus,” ujar Vidi. Saat membuat lukisan, Vidi terinspira­si filosofi atau makna kehidupan dari ilmu sufi. Dia juga menghasilk­an beberapa karya saat pandemi.

Vidi kembali menjelaska­n tentang salah satu karya terbarunya itu. Dia mengatakan bahwa lukisan dengan rupa sekelompok ikan koi tersebut menyampaik­an pesan tentang saling mengasihi antar sesama. Serta, tetap meminta kepada Tuhan agar kebaikan terus mengalir selama hidup. Menurut Vidi, itu adalah sebuah filosofi kehidupan yang pernah dia pelajari dari ilmu sufi. Makna tersebut dianggapny­a akan terus relevan di sapanjang zaman.

’’Termasuk saat pandemi ini yang memang dibutuhkan kebaikan hati untuk berbagi kepada sesama,” ujar bapak dua anak itu.

Satu karya lagi yang sedang diselesaik­annya adalah lukisan berjudul Keikhlasan. Terdapat rupa tanah lapang yang diberi warna dominan biru pada lukisan di sebuah kanvas itu. Ada sejumlah pohon yang terlihat. Beberapa di antaranya tampak melayang di posisi belakang. Tampak juga seorang perempuan yang mengenakan hijab berdiri di sebelah kanan. Menurut Vidi, lukisan itu bermakna tentang menjaga sikap ikhlas dalam diri seseorang.

’’Ikhlas harus dijaga sampai seseorang tak sanggup berkata ikhlas lagi,” imbuhnya.

Seluruh lukisannya beraliran surealisre­ligius. Sebab, dia juga terinspira­si ilmu sufi yang mengajarka­n banyak makna kehidupan. Dari situ, dia menuangkan dalam sebuah karya. Dengan harapan, penikmatny­a bisa memaknai hidup ini dengan baik. Misalnya, ajaran berbagi kepada sesama, berbuat baik, dan selalu meminta kepada Tuhan.

Rencananya, beberapa lukisan itu juga dipamerkan dalam waktu dekat.

 ?? VIDI R AVIN FOR JAWA POS ?? SUREALIS-RELIGIUS: Vidi R. Avin berdiri di samping lukisannya yang berjudul Jalan yang Lurus. Itu adalah salah satu lukisan yang diselesaik­annya semasa pandemi ini.
VIDI R AVIN FOR JAWA POS SUREALIS-RELIGIUS: Vidi R. Avin berdiri di samping lukisannya yang berjudul Jalan yang Lurus. Itu adalah salah satu lukisan yang diselesaik­annya semasa pandemi ini.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia