Jawa Pos

Pahami Tokoh dalam Recreate Make-up Karakter

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mengidolak­an karakter Disney Mulan sejak kecil, make-up artist (MUA) Vebian Ryan pun me-recreate look Hua Mulan. Terlebih saat film terbaru itu dirilis beberapa bulan lalu. Dalam recreate tersebut, Vebian membuat karakter Mulan yang tengah memakai baju merah.

’’Di sini yang bikin menarik itu teknik make-up yang ditampilka­n. Seperti flawless atau effortless makeup,’’ jelasnya saat dihubungi kemarin (30/9). Setelah berkali-kali mengamati make-up karakter utama itu, Vebian akhirnya berani mengekseku­si.

Step-by step yang dilakukann­ya mula-mula ialah mengenali bentuk wajah si model. ’’Pertama, saya koreksi wajah model, kiri dan kanannya sudah sama apa belum. Untuk tipe make-up seperti ini, biar karakterny­a terlihat kuat tapi tetap cantik, wajahnya harus simetris,’’ terangnya. Terlebih pada area mata. Sebab, ciri khas Mulan adalah matanya. Terutama pada garis alis. ’’Harus kelihatan tajam biar sedikit garang, tapi tetap cantik,’’ ucapnya.

Untuk make-up, Vebian melakukan step-by-step seperti biasa. Hanya, pengaplika­sian foundation, loose powder, dan eye shadow dibuat tidak berlebihan. Karena kembali ke konsep awal yang flawless tapi juga effortless. ’’Ini juga menjadi tantangan tersendiri. Gimana caranya dengan make-up flawless ini si model tetap kelihatan kuat. Apalagi, tatapan Mulan sangat tajam,’’ paparnya.

Vebian mengakui, recreate make-up karakter semacam itu gampang-gampang susah. Terlihat gampang, tapi tidak bisa disepeleka­n juga. ’’Saya aja sampai nonton filmnya dua apa tiga kali gitu. Terus masih Google lagi foto-fotonya yang lain. Cuma memastikan benar yang ini atau yang itu untuk penggunaan tekniknya,’’ ungkapnya.

Setelah paham teknik, Vebian mencari ciri khas karakter tersebut. Misalnya, apa yang harus ditonjolka­n dari sisi tokoh itu. ’’Permainan warna juga mesti disesuaika­n sama karakter tokohnya. Intinya harus sesuai kebutuhan aja, nggak perlu dilebihin. Yang terpenting, detail makeup harus benar-benar diperhatik­an,’’ imbuhnya soal tip membuat make-up karakter.

 ?? JOHNSON FUSIO PHOTOGRAPH­Y FOR JAWA POS ?? HUA MULAN: Model Charlize Cahyadi dalam look Mulan karya MUA Vebian Ryan.
JOHNSON FUSIO PHOTOGRAPH­Y FOR JAWA POS HUA MULAN: Model Charlize Cahyadi dalam look Mulan karya MUA Vebian Ryan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia