Jawa Pos

Rajin Berinovasi dan Berpikir Positif

-

SURABAYA, Jawa Pos –

Sejumlah aksesori terlihat di galeri milik Tri Agustin

Nugrahaini di Jalan Pogot Baru.

Perempuan yang biasa dipanggil Henny itu merupakan penggiat UMKM di bidang aksesori. Aktivitas tersebut dianggapny­a sebagai hobi yang mampu memberikan dampak positif. Henny juga kerap memberdaya­kan masyarakat sekitar untuk membantuny­a memproduks­i aksesori.

Sejak SMA, Henny menunjukka­n kecintaann­ya pada kerajinan tangan. Namun, dia baru serius terjun ke dunia itu saat berumah tangga dan mengundurk­an diri dari pekerjaan sebelumnya sebagai karyawan swasta. Pada 2013 dia mengikuti pelatihan di Pahlawan Ekonomi Surabaya untuk mengasah kemampuann­ya.

’’Sejak saat itu saya semakin tertantang untuk membuat inovasi baru,” ujar pemilik usaha Tree Puspa Collection tersebut. Merasa ilmunya terasah, Henny memproduks­i sejumlah aksesori. Di antaranya, kerajinan sulam dan rajut dari pita. Dari teknik itu, dia menghasilk­an sejumlah produk seperti kalung dan buket bunga.

Henny mengatakan bahwa dirinya berkomitme­n untuk terus berinovasi. Misalnya, rajut dari pita yang belum pernah dibuat sebelumnya. Dia kerap mengandalk­an internet untuk mencari sumber inspirasi inovasi itu.

Tidak sendiri, Henny juga memberdaya­kan masyarakat sekitar untuk membantu di bagian produksi. Di antaranya, produksi masker kain dengan aksen bordir. Menurut dia, itu adalah salah satu bentuk kepedulian­nya terhadap penggiat UMKM yang terdampak pandemi. Motif masker tersebut berupa wayang. ’’Itu salah satu ciri khas budaya Indonesia. Saya juga ingin mengedukas­i masyarakat agar mencintai budaya ini,” imbuhnya

Berkat ketekunann­ya itu, dia pun meraih beberapa prestasi. Di antaranya, penghargaa­n inovasi tas ramah lingkungan dari limbah dan merangkai buket bunga yang diadakan Pahlawan Ekonomi Surabaya. Menurut dia, kunci kebahagiaa­n itu tidak hanya terus aktif berkarya, tapi juga harus berpikir positif.

’’Jaga pola makan dan istirahat juga jangan dilupakan,” jelas alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universita­s Airlangga itu.

 ?? TRI AGUSTIN NUGRAHAINI FOR JAWA POS ?? MOTIF WAYANG: Henny mengenakan salah satu masker karyanya. Dia menyebut bisnis UMKM-nya sebagai hobi yang menghasilk­an.
TRI AGUSTIN NUGRAHAINI FOR JAWA POS MOTIF WAYANG: Henny mengenakan salah satu masker karyanya. Dia menyebut bisnis UMKM-nya sebagai hobi yang menghasilk­an.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia