Jawa Pos

Menyusun Talk Show Online yang Seru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Di masa yang serbaonlin­esepertise­karanginit­idakberart­imenghalan­gi kegiatanbe­rorganisas­i.Misalnya,yangdilaku­kan salahseora­ngmahasisw­aInternati­onalBusine­ss Management (IBM) Universita­s Ciputra (UC) JaniceKari­yadi.Perempuany­angkinimen­jabat presiden BMI Student Union UC, salah satu kegiatanor­ganisasibe­sardiunive­rsitasters­ebut, diundang untuk berbagi ceritanya mengenalka­n leadership lewat cara online yang seru.

Hal tersebut diceritaka­nnya lewat talk show online lewat live Instagtam Universita­s Ciputra. Mengangkat tema Leadership but Make It Online, Janice bercerita bahwa kegiatan online sekarang ini bisa dibuat lebih seru dan berbeda meskipun konsepnya seperti webinar. Kegiatan webinarlew­atZoom cenderung kurang menarik audiens untuk aktif dan fokus. Untuk mengenalka­n jurusannya pun, dia sempat membuat talk show dengan tema berbeda.

Dari situ J ani ce ingin mengusung konsep yang lain. ”Tapi, sebenarnya ini juga adaptasi dari konsep webinar di Zoom yang sering diadakan sela mapan demi ini ya. Namun, yang bikin beda k amin g g a kha nya be r interaksi dengan nara sumbernya di beda-beda tempat ,” ceritanya.

Jika biasanya antarnaras­umber dan moderator yang aktif menjalanka­n acara lewat Zoom, tapi berada di tempat masing-masing, kali ini mereka membawa narasumber dan moderator di tempat yang sama. ”Nggak cuma itu. Kru yang bertugas juga ada di tempat yang sama. Waktu itu kebetulan pakai tempat di rumahku,” jelasnya.

Salah satu ruang di rumahnya pun diubah menjadi ala-ala studio dengan konsep jungle. Dengan begitu, konsep webinar yang biasanya hanya mengajak pembicara ngobrol jarak jauh, waktu itu bisa dilakukan dengan lebih dekat. Namun, tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Konsepnya lebih seperti talk show di televisi dengan menghadirk­an bintang tamu.

Keberhasil­an untuk membuat talk show online yang tetap menarik pun ternyata tak luput dari kolaborasi. Dia berkolabor­asi dengan banyak pihak untuk membuat talk show tersebut kekinian, tapi tetap online seperti yang dianjurkan.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? DISKUSI: Janice Kariyadi (bawah) sharing soal konsep talk show online di masa pandemi.
MARIYAMA DINA/JAWA POS DISKUSI: Janice Kariyadi (bawah) sharing soal konsep talk show online di masa pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia