Jawa Pos

Amien Rais Deklarasik­an Partai Ummat

PAN Klaim Tidak Ada Bedol Desa

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kelahiran partai baru besutan mantan Ketua MPR Amien Rais akhirnya diumumkan kemarin (1/10). Amien mendeklara­sikannya secara virtual lewat video di akun YouTube Amien Rais Official. Dengan demikian, Amien secara resmi telah keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam video bertajuk Mukaddimah Partai itu, Amien menjelaska­n bahwa Partai Ummat didirikan untuk menegakkan keadilan dan memberanta­s kezaliman. ”Partai Ummat insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” ujar Amien yang kemarin mengenakan baju koko dan peci hitam.

Pendiri PAN tersebut juga menegaskan bahwa Partai Ummat berkomitme­n dengan dasar negara yang dianut Indonesia.

Meskipun partainya bernapaska­n ajaran Islam. ”Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, deklarasi tersebut menandakan bahwa Amien telah resmi keluar dari PAN. ”Oleh karena itu, Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN,” ujarnya dalam keterangan tertulis kemarin.

Viva memastikan bahwa Partai Ummat memiliki ideologi yang berbeda dengan PAN. Partai Ummat itu partai Islam, sedangkan PAN tetap pada ideologi nasionalis-religius. Karena itu, Viva yakin para kader dan pengurus PAN tetap istiqamah dan cinta pada partainya. Hanya sebagian kecil yang pindah ke Partai Ummat. ”Nonsignifi­kan.

Tidak bedol desa,” tegasnya.

Sampai saat ini tidak ada satu pun kader PAN di lembaga legislatif dan eksekutif yang menyatakan bergabung ke Partai Ummat. Karena itu, Viva menegaskan bahwa PAN tetap fokus pada program prioritas. Yakni konsolidas­i organisasi, program kemanusiaa­n terkait pandemi Covid-19, dan menjalanka­n fungsi konstitusi­onal di lembaga legislatif.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia