Jawa Pos

RS Penuh, Joy Tobing Dirawat di Rumah

-

JAKARTA, Jawa Pos – Joy Tobing bersyukur. Jawara Indonesian Idol perdana itu dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah sempat dinyatakan positif pada 7 September lalu. ”Tanggal 25 September aku di-swab dan puji Tuhan hasilnya negatif,” ujar Joy kemarin (1/10).

Sebelumnya, mulai 29 Agustus, Joy merasakan berbagai gejala sakit. Batuk, demam, flu, hingga hilangnya indra penciuman. Joy mengaku tidak tahu dirinya terpapar di mana. Namun, selama Agustus itu kegiatan bernyanyin­ya memang cukup banyak. Mulai live streaming hingga show off-air. Terakhir, dia tampil di Tarutung, Tapanuli Utara, pada 4 hingga 6 September.

Begitu dinyatakan positif, Joy dan keluargany­a kesulitan menemukan rumah sakit untuk perawatan. Bahkan, rumah sakit tempat adiknya bekerja sebagai dokter pun sudah penuh. ”Ya sudah akhirnya saya dirawat di rumah. Adik saya yang pantau,” kata Joy.

Meski Joy dirawat di rumah, protokol kesehatan sangat diperhatik­an. Sang adik, Jeffri Tobing, memantau perkembang­an dan kondisi Joy. Seluruh anggota keluarga pun tidak berdekatan dengannya selama beberapa minggu.

Joy rutin minum obat yang diberikan sang adik. Selain itu, dia rutin mengonsums­i obat herbal Tiongkok. ”Vitamin D3, E,C, terus banyak makan protein, susu, air hangat campur lemon dan madu, telur rebus, dan kuah sup iga atau ayam,” ujar Joy yang juga membaluri badan dengan minyak kayu putih dan berolahrag­a teratur.

Kini, kondisi Joy berangsur membaik. Namun, dia masih harus melakukan isolasi mandiri hingga 7 Oktober mendatang. ”Yang penting tetap jaga kondisi, pikiran, dan jangan pernah anggap remeh virus ini,” tegasnya.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ??
IMAM HUSEIN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia