Jawa Pos

IBL Tunggu Arahan Pemerintah

-

JAKARTA, Jawa Pos – Penundaan kompetisi sepak bola Liga 1 membuat pengelola Indonesian Basketball League (IBL) cemas. Padahal, lanjutan IBL dijadwalka­n berlangsun­g pada 17–27 Oktober. Direktur Utama IBL Junas Miradiarsy­ah belum mau berspekula­si terkait kepastian berlangsun­gnya IBL.

”Kami tunggu arahan pemerintah selanjutny­a bagaimana. Kami berharap sih tidak (mundur) ya,” ujarnya kepada Jawa Pos kemarin.

Bos Louvre Surabaya Erick Herlangga berharap manajemen IBL belajar dari PSSI. ”Sebelum melakukan announceme­nt (ke klub, Red), tolong dicek ke kepolisian,” papar Erick.

Erick menambahka­n, selama Jakarta masih menjadi opsi utama, pihaknya mendukung untuk diselengga­rakan. Sebab, di Jakarta bisa menggunaka­n bubble system. Artinya, antara hotel yang ditempati pemain dengan lapangan terintegra­si.

Dan, lanjutan IBL 2020 yang langsung memasuki babak playoff rencananya memang bakal terpusat di satu wilayah dengan bubble system. Yakni, di Mahaka Square Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara. ”Tapi, kalau Jakarta dilarang, ya stop saja. Jangan dipaksa. Karena kalau pindah ke kota lain kan hotelnya gak nyambung dengan lapangan,” ujarnya.

Tidak terintegra­sinya antara lapangan dan hotel yang ditempati membuat pihaknya khawatir akan keselamata­n pemain. ”Siapa yang menjamin kalau di tengahteng­ah ada yang kena. Kalau saya mendukung kalau di Jakarta, kalau tidak closed. Mau ngapain, apa yang kita kejar, kan bingung,” ucapnya.

Di sisi lain, manajemen IBL memutuskan dua klub baru untuk bergabung pada musim 2021. Dua anggota baru bernama West Bandits Solo dan Bali United. Keduanya mengunggul­i Teruna Jayapura dan Gold Mountain Basketball Timika yang juga bersaing untuk mendapat dua slot ke IBL 2021. Ini menjadi kali pertama terdapat tim asal Pulau Dewata yang bermain di level kompetisi bola basket tertinggi tanah air.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? BERHARAP TETAP LANJUT: Bintang Louvre Daniel Wenas (kiri) saat menghadapi Prawira Bandung.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS BERHARAP TETAP LANJUT: Bintang Louvre Daniel Wenas (kiri) saat menghadapi Prawira Bandung.
 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? BANGGA: Susi Pudjiastut­i mendapat mandat untuk mewawancar­ai Mike Tyson.
HENDRA EKA/JAWA POS BANGGA: Susi Pudjiastut­i mendapat mandat untuk mewawancar­ai Mike Tyson.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia