Jawa Pos

Bisa Pinjam sampai Tiga Mainan

-

SURABAYA, Jawa Pos − Sekolah daring bagi anak PAUD cukup berimbas bagi usaha penyewaan permainan dan kebutuhan anak. Ada pergeseran kebutuhan yang dipinjam oleh orang tua. Hal tersebut dirasakan Sonia Ranggita Mariam dan Donna Evita Octaviani, pengelola penyewaan kebutuhan anak.

Sebelum pandemi, Sonia dan Donna lebih banyak menyewakan stroller untuk kebutuhan saat bepergian. Misalnya, ke mal atau tempat wisata. ”Biasanya sewa karena kalau anak makin gede, kan berubah lagi ukurannya,” ucap Donna. Mereka bisa menyiapkan hingga 2−3 buah stroller untuk tiap jenis. Berbeda lagi mainan. ”Itu dipinjam puncaknya saat Lebaran. Orang yang dari luar kota mudik ke Surabaya,” jelas Sonia.

Kondisi pandemi ternyata tak menyurutka­n bisnis penyewaan kebutuhan anak. Namun, permintaan benda jadi bergeser. Jika dulu ramai stroller, sekarang beragam mainan para orang tua. Bahkan, Sonia dan Donna harus menambah jumlah unit. ”Dulu slider atau perosotan ini cuma satu buah per jenis. Sekarang beli tambahan tiga buah,” jelas Sonia.

Menurut dia, orang tua juga jadi mencicipi beragam jenis mainan. Mulai perosotan, lalu kolam bola, hingga mobil-mobilan. ”Karena lihat anaknya mulai bosan nih, tapi kalau tanpa mainan lebih bingung lagi,” terang Donna. Bahkan, makin ke sini jenis mainan yang dipinjam juga makin banyak. Pelanggan bisa meminjam sampai tiga mainan dalam satu waktu. ”Jadi, akhirnya lebih hemat ongkir juga di mereka,” kata Sonia saat ditemui kemarin (1/10).

Kebutuhan orang tua saat ini tidak berkisar pada mainan saja. Beberapa alat kesehatan juga mulai diminta. Misalnya, vakum khusus dan timbangan bayi. ”Nah, mereka enggak berani ke RS atau dokter ya. Jadi, lapor perkembang­an bayinya dengan nimbang sendiri,” ucap Sonia.

Pemilik Amigos Baby Toys tersebut juga harus menjaga kebersihan mainan dan alat lainnya. Apalagi benda-benda tersebut berpindah tangan. ”Jadi, yang awalnya kita cuci, disemprot alkohol dan tisu basah. Sekarang lebih ketat lagi,” ucap Sonia. Sekarang mereka harus menambahka­n disinfekta­n food grade agar ramah kegiatan anak. Disinfeksi dilakukan saat barang diambil, barang akan dikirim kepada penyewa baru, dan sesampai di lokasi penyewa baru. ”Supaya orang tua juga merasa aman saat barang sampai,” imbuh Donna.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? MENARIK: Donna Evita (kiri) dan Sonia mengemas permainan anak untuk disewakan. Bisnis ini mulai menggeliat naik.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS MENARIK: Donna Evita (kiri) dan Sonia mengemas permainan anak untuk disewakan. Bisnis ini mulai menggeliat naik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia