Jawa Pos

Beroperasi, Rumah Sakit Baru di Kawasan Gresik Selatan

-

GRESIK, Jawa Pos – Layanan kesehatan di wilayah selatan bertambah. Kemarin (1/10) Bupati Sambari Halim Radianto meresmikan beroperasi­nya Rumah Sakit (RS) Eka Husada di Jalan Raya Menganti, Sidojangku­ng. RS baru bertipe C itu diproyeksi­kan sebagai layanan kesehatan pasien non-Covid-19.

’’Kami minta benar-benar melakukan skrining terhadap setiap pasien yang masuk. Rekam medis sebelum masuk RS harus jelas. Kalau tracing ada riwayat kontak pasien Covid-19, bisa dirujuk ke RS rujukan Covid-19.

Kalau aman, silakan masuk sini,” kata Sambari.

Menurut dia, sejak ada pandemi Covid-19, masyarakat cenderung takut untuk berobat ke RS. Dari problem itu, pihaknya berpikir jauh. Apabila masyarakat takut ke RS, artinya semakin banyak orang sakit yang tidak bisa terlayani atau tertolong langsung. Malah yang sakit berpeluang akan semakin banyak. ’’Karena itu, kami memastikan ada rumah sakit yang non-Covid-19. RS ini juga menerapkan protokol. Jadi, yang sehat tidak mungkin tertular di rumah sakit dan yang sakit insya Allah sembuh,” katanya.

Sementara itu, Dirut RS Eka Husada Jemmy Hartanto mengatakan, apabila ke depan kebutuhan ruang isolasi yang disediakan satgas pemkab masih kurang, pihaknya juga bisa menyiapkan ruang isolasi. Namun, dari informasi, saat ini ruang isolasi di seluruh RS rujukan dan pondok rehabilita­si di Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) masih sangat longgar.

Jemmy menambahka­n, rumah sakitnya itu memiliki 100 tempat tidur dengan fokus pelayanan traumatolo­gi. ’’Tetap ada pelayanan seperti RS lain. Tapi, kami juga fokus layanan trauma center. Sebab, di wilayah Menganti ini kan mobilisasi warganya tinggi sehingga risiko kecelakaan kerja juga tinggi,” jelasnya.

Selain pelayanan IGD yang memadai, di RS Eka Husada ada poli spesialis, rawat jalan, rawat inap, ruang kebidanan, ruang operasi, farmasi, one day care, ICU/NICU/ PICU, kamar isolasi, kamar jenazah, radiologi, patologi klinik, ambulans, penyakit dalam, ruang anak, bedah umum, kebidanan dan penyakit kandungan, ortopedi, paru, serta anestesi.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? LAYANAN KESEHATAN: Bupati Sambari Halim Radianto meresmikan RS Eka Husada di wilayah Gresik Selatan, tepatnya di Jalan Raya Menganti, Sidojangku­ng, kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS LAYANAN KESEHATAN: Bupati Sambari Halim Radianto meresmikan RS Eka Husada di wilayah Gresik Selatan, tepatnya di Jalan Raya Menganti, Sidojangku­ng, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia