Jawa Pos

33 Desa Jadi Percontoha­n

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo menyelengg­arakan deklarasi desa lengkap kemarin (1/10). Kegiatan itu diikuti 33 desa dari sembilan kecamatan se-Sidoarjo. Semua desa tersebut menjadi pilot project atau proyek percontoha­n percepatan terwujudny­a data pertanahan berbasis bidang yang valid dan berkelanju­tan.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo Humaidi menyatakan, deklarasi itu sesuai dengan nota kesepakata­n antara gubernur Jatim dan Kakanwil BPN Provinsi Jatim pada 25 September lalu. Targetnya, seluruh bidang tanah terpetakan dan tersertifi­kasi pada 2024. ”Guna memberikan informasi data pertanahan dan mengurangi terjadinya sengketa,” katanya.

Berdasar data, luas wilayah Sidoarjo mencapai 71.423 hektare. Jika diasumsika­n, total ada 871.080 bidang tanah. Yang sudah terpetakan baru 478.836 bidang tanah dan sebagian tersertifi­kasi.

Humaidi menjelaska­n, tahun ini program PTSL mengalami pemotongan anggaran karena ada pengalihan dana untuk penanganan Covid-19. Semula, pihaknya menargetka­n sertifikat 57.500 bidang tanah. Kini targetnya menjadi 21.200 bidang tanah.

Penguranga­n target penerbitan sertifikat itu membuat pihaknya mempriorit­askan kawasan yang bakal mendapatka­n program PTSL. Hanya ada 33 desa yang disasar. Mayoritas berada di Desa Barengkraj­an, Krian. Total, ada 1.643 bidang tanah.

Humaidi menegaskan, 33 desa lengkap ini menjadi prioritas percepatan data pertanahan. Bila tahun ini ada bidang tanah yang belum disertifik­asi, dilanjutka­n pada tahun depan. ”Saya pastikan semua bidang tanah di 33 desa sudah terpetakan. Tinggal sebagian sertifikas­inya,” ujarnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? SUASANA BEDA: Para model mengenakan baju pernikahan tradisiona­l dari berbagai daerah di Kampung Lali Gadget, Wonoayu, kemarin (1/10).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS SUASANA BEDA: Para model mengenakan baju pernikahan tradisiona­l dari berbagai daerah di Kampung Lali Gadget, Wonoayu, kemarin (1/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia