Jawa Pos

Godok Regulasi, Ciptakan Momentum Investasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah mempercepa­t pembahasan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law. Karena itu, DPR menggali masukan dari kalangan pengusaha terkait dengan regulasi yang menuai kontrovers­i tersebut. Tujuannya, supaya nanti implementa­si UU tersebut tidak merugikan kalangan industri menengah dan kecil.

Wakil Ketua DPR Bidang Industri dan Pembanguna­n Rachmat Gobel menegaskan bahwa parlemen sedang menggodok RUU Omnibus Law.

Dalam waktu dekat, pembahasan akan dibawa ke rapat paripurna. Pembahasan dipercepat untuk menciptaka­n momentum bagi investor agar segera menanamkan modal mereka di Indonesia.

”Presiden Jokowi mengatakan bahwa pembanguna­n ekonomi secara nasional juga dilakukan di pinggiran. Artinya, merata sampai ke desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi,’’ kata Rachmat saat berdialog dengan pengusaha Forum Komunikasi Asosiasi (Forkas) Jawa Timur (Jatim) kemarin (2/10).

Pembanguna­n infrastruk­tur, imbuh dia, juga penting untuk menunjang perekonomi­an. Misalnya, pembanguna­n bandara berstandar internasio­nal dan jalan antardaera­h. ”Semua investasi tersebut harus diisi. Kalau tidak, itu akan menjadi beban berat bagi pemerintah,’’ ujar Rachmat.

Dia menyatakan bahwa ada investasi yang wujudnya adalah pinjaman dari luar negeri. Karena itu, idealnya pemerintah bisa meningkatk­an investasi di dalam dan luar negeri. Investasi asing, menurut Rachmat, sebaiknya diarahkan untuk menciptaka­n nilai tambah suatu produk. Atau, mengarah pada advanced technology.

Wakil Ketua Umum Forkas Bidang Organisasi dan Advokasi Peter Tjoe menyatakan bahwa pandemi memetakan ulang kinerja bisnis dan industri. Ada yang diuntungka­n seperti produsen sepeda. Namun, banyak yang tertekan. Misalnya, hotel, restoran, finance, dan kendaraan.

”Kami mengambil titik tengah. Tetap jalan sebisa-bisanya dengan protokol seketat-ketatnya. Kami harus yakin dengan melakukan itu supaya bisnis tetap jalan meski tidak maksimal,” tandasnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? SERAP ASPIRASI: Rachmat Gobel berbicara di hadapan para pengusaha Jatim dalam Forkas (Forum Komunikasi Asosiasi) di Sidoarjo kemarin (2/10).
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS SERAP ASPIRASI: Rachmat Gobel berbicara di hadapan para pengusaha Jatim dalam Forkas (Forum Komunikasi Asosiasi) di Sidoarjo kemarin (2/10).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia