Jawa Pos

Bukan Foto Perang Armenia-Azerbaijan

-

Foto helikopter meledak itu milik pasukan Bashar Al Assad yang ditembak jatuh di Idlib pada 11 Februari 2020.

PERTEMPURA­N antara Republik Armenia dan Republik Azerbaijan kembali meletus. Pembuat hoax pun tak mau ketinggala­n. Mereka menyebar kolase dua foto tentang helikopter yang terbakar, kemudian diklaim sebagai armada perang Armenia. Katanya, insiden itu menewaskan tujuh tentara.

’’Armenian helicopter shot down by Azerbaijan Army amid escalation btwn both militaries. 7 dead while injured soldiers are moved to Stepanaker­t for medical aid. #Azerbaijan #Armenia.’’ Demikian keterangan yang diunggah akun Twitter Expose Hub pada 27 September 2020 (bit.do/ HeliArmeni­aJatuh).

Foto pertama memang menunjukka­n lambung helikopter yang terbakar setelah kena tembakan. Sementara itu, foto lainnya memperliha­tkan helikopter yang hancur dan menghunjam bumi. Namun, anehnya, beberapa komentar yang menyertai foto tersebut berkata lain. Mereka yakin hancurnya heli itu tidak terjadi pada perang Armenia vs Azerbaijan.

Penelusura­n lewat situs padanan gambar mengarahka­n Jawa Pos pada video yang memperliha­tkan helikopter yang meledak setelah dihantam rudal. Video tersebut diunggah portal media berbahasa Arab, videos.ebaa.news. Judulnya menyebutka­n bahwa helikopter yang jatuh itu adalah milik pasukan Presiden Syria Bashar Al Assad.

Video yang diunggah pada 11 Februari 2020 tersebut memperliha­tkan situasi serupa dengan gambar yang diunggah akun @ Expose_hub. Terutama saat helikopter itu terbakar dan terbelah menjadi dua. Anda dapat melihatnya pada detik ke-19 di bit. do/MilikAssad.

Kanal YouTube milik R&U Videos juga mengunggah rekaman kejadian tersebut pada 11 Februari 2020. Isinya terbilang mirip dengan milik ebaa. news. Sekaligus mempertega­s bahwa helikopter itu milik tentara presiden Syria yang ditembak jatuh pada 11 Februari 2020 di kawasan Idlib.

Sementara itu, situs reuters.com mengabarka­n bahwa pasukan Republik Armenia yang menembak jatuh helikopter milik Azerbaijan berdasar foto di medsos itu keliru. Kolase foto yang beredar sebenarnya di-capture dari video insiden pada Februari 2020. Bahwa helikopter yang jatuh itu terjadi di Kota Nayrab, Distrik Idlib, Syria. Anda dapat membacanya di bit.do/KejadianFe­bruari.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia